Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Palu
Artikel DJKN

Menikmati Pesona Saluopa Poso, Air Terjun Bertingkat di Kabupaten Poso

Jum'at, 13 November 2020   |   39 kali

Bagi anda yang tinggal di Provinsi Sulawesi Tengah maupun sedang berkunjung ke daerah ini, kurang lengkap rasanya kalau belum berkunjung ke salah satu destinasi wisata alam satu ini, yaitu air terjun Salopa Poso.

Air terjun ini biasa disebut oleh masyarakat setempat dengan sebutan air luncur Saluopa yang berarti sumber mata air jernih dari pegunungan yang meluncur deras dari puncak gunung. Air terjun Salopa Poso merupakan salah satu obyek wisata andalan yang terletak di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso yang berjarak sekitar 264 km dari Kota Palu. Anda bisa menempuh perjalanan ke lokasi ini menggunakan kendaraan pribadi dengan biaya karcis masuk dan parkir kendaraan roda empat sebesar Rp5.000.

Para pengunjung yang ingin berwisata ke tempat ini disarankan untuk datang sekitar pukul 9.00 WITA untuk menghindari udara yang terlalu dingin. Saat tiba di lokasi, pengunjung harus berjalan sekitar 500 meter melalui hutan untuk menuju lokasi air terjun. Selama perjalanan, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan lebat dan tinggi serta suasana hutan tropis yang indah.

Tidak hanya kesegaran air dan udara di sekitar lokasi air terjun, wisata ini juga menyajikan keindahan pemandangan yang asrih dengan ciri khas 12 tingkatan air terjunnya. Pengunjung dapat menaiki setiap tingkatan air terjun melalui tangga untuk dapat menikmati keindahan setiap tingkatannya. Selain itu, pengunjung juga dapat memanfaatkan lokasi wisata ini untuk berfoto bersama, bermain air, hingga berendam.

Bagi para pengunjung yang ingin piknik bersama keluarga juga dapat membawa bekal untuk disantap di tempat maupun membeli makanan di warung sekitar lokasi dengan tetap memperhatikan kebersihan serta menjaga kelestarian lingkungan.

Bagi anda yang senang berwisata, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke lokasi ini sekaligus mendukung program Pemerintah dalam memulihkan perekonomian daerah setempat serta membeli produk-produk UMKM. Selamat berwisata.

 

Penulis: Tim Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Palu

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Kontak
Jl. Prof. Moh. Yamin No. 55 Palu - Sulawesi Tengah
(0451) 8202737
-
kpknlpalu@kemenkeu.co.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |