Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Artikel
Pesona Desa Wisata Tanjung Karang
Abd. Choliq
Jum'at, 18 Oktober 2019   |   2910 kali

Berwisata alam adalah salah satu cara yang ampuh bagi kita untuk melepaskan   kepenatan dengan berbagai macam pekerjaan selama weekday. Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam seperti pegunungan, laut maupun pantai. Berikut ini KPKNL Palu akan memberikan sedikit informasi mengenai salah satu destinasi wisata yang recommended untuk dikunjungi ketika berada di Kota Palu.


Desa
wisata Tanjung Karang, Kelurahan Labuan Bajo, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang indah dan menarik. Lokasi ini berjarak tempuh 40 km dan memakan waktu sekitar 45 menit perjalanan darat dari Kota Palu. Desa wisata ini tidak hanya memiliki pasir putih dan pemandangan laut yang mempesona, tetapi juga memiliki terumbu karang serta keanekaragaman biota laut.


Pesona bawah laut dapat memanjakan mata bagi anda yang menggemari diving atau
snorkling. Untuk itu Desa Wisata Tanjung Karang menawarkan beberapa titik penyelaman dengan keunikannya masing-masing. Karang yang berbentuk seperti cabang pohon mendominasi hampir keseluruhan taman bawah laut menambah keelokan dari Tanjung Karang. Pantai ini memiliki kurang lebih sekitar 17 gugus karang, dimana ketujuh belas gugus karang tersebut tersebar dalam radius 20 km dari bibir pantai. Anda yang sudah mahir dalam penyelaman, dapat menikmati pesona bawah laut Tanjung Karang dari mulai kedalaman satu hingga empat puluh meter. Namun dengan bersnorkling di sekitar bibir pantainya pun, para pengunjung sudah dapat melihat hamparan terumbu karang berserta gerombolan ikan yang berwarna-warni.  


Bagi anda yang ingin menginap, di kawasan tersebut tersedia cottage-cottage ditepi pantai yang sengaja dibuat oleh pengelola pantai untuk para wisatawan. Dimulai dari harga
Rp. 250.000/malam, hunian ini memiliki berbagai macam pilihan fasilitas yang berbeda-beda, seperti lemari pendingin, air panas, sampai kasur yang empuk. Namun perlu diinformasikan bahwa beberapa cottage ini tidak menyediakan fasilitas pendingin ruang, hal ini untuk menjual suasana alam dengan tiupan angin pantai yang sepoi-sepoi kepada para wisatawan.


Bila tidak puas hanya berada di sekitar pantai Tanjung Karang Donggala, maka tersedia kapal-kapal yang dapat disewa untuk menemukan spot snorkling yang indah lainnya. Kapal-kapal ini dikenal dengan nama taksi air, anda bisa menyewa ke salah satu spot yang terkenal yaitu “Laut Tengah” yang merupakan salah satu lokasi yang dikelilingi oleh karang. Sewa taksi laut bervariasi tergantung jenis kapalnya, rata-rata berkisar antara Rp.100.000,-. Bagi anda yang tidak bisa berenang ataupun alergi dengan air laut tetapi sangat ingin menikmati wisata bawah laut, anda juga bisa menyewa kapal kaca sepanjang pesisir pantai sepanjang sekitar 500 meter, pemandangan laut dapat anda saksikan dengan indah di atas kapal.


Desa Wisata Tanjung Karang merupakan salah satu tempat yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur dan bersantai bersama keluarga anda untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Hamparan pasir putih dengan pemandangan laut yang mempesona, menjadi salah satu daya tarik yang menonjol bagi wisatawan domestik untuk menghabiskan waktunya di sana.




Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini