Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Berita
Implementasi Revitalisasi Program Bintal pada KPKNL Palopo
Hayuningtyas Iga Siwi
Jum'at, 08 Desember 2023   |   41 kali

Bertempat di ruang rapat KPKNL Palopo, pada Kamis, 07 Desember 2023, diadakan kegiatan Pembinaan Mental (Bintal) yang terintegrasi dengan program bintal nasional dalam lingkungan Kementerian Keuangan khususnya DJKN. Bintal merupakan sarana untuk memelihara mental serta jiwa spiritual pegawai Kemenkeu melalui pembentukan karakter yang berimbang antara fisik, pikiran, dan hati setiap pegawai. 

Materi Bintal disampaikan oleh Naf’an Widiarso Rafid, Kepala KPKNL Palopo. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa Program Kebintalan saat ini telah dilakukan revitalisasi. Terdapat beberapa perbedaan terhadap kondisi program kebintalan yang selama ini telah berjalan. Semula, kegiatan Bintal belum dilakukan secara sistemik dan berkelanjutan sesuai siklus masa kerja ASN, serta hanya terbatas pada lingkup masing-masing Unit Eselon I. Revitalisasi Program Kebintalan mengusung pelaksanaan kegiatan yang sistematis dan berkelanjutan mulai dari Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) s.d. pensiun dan terintegrasi antar Unit Eselon I/Non Eselon. 

Selain itu, ruang lingkup Program Bintal, yang sebelumnya menitikberatkan pada bidang rohani (keagamaan), kini diperluas sehingga mencakup juga bidang ideologi, kompetensi, dan kejiwaan/etik. Melalui bidang rohani, diharapkan akan membentuk pegawai yang beriman, berakhlak mulia, dan berintegritas tinggi berbasis keagamaan (spiritual).  

Dalam lingkup kelembagaan, Program Bintal diselenggarakan di seluruh unit Kemenkeu, mulai dari Eselon I hingga unit terkecil di Kantor Vertikal. Kemudian dibentuk juga Forum Kolaborasi Bintal antar Unit Eselon I/Non Eselon di pusat dan vertikal.

Implementasi pelaksanaan Revitalisasi Program Bintal diharapkan dapat memacu semangat para pegawai untuk meningkatkan integritas, kompetensi dan dedikasi dalam menjalankan tugas dan fungsi sehingga dapat menghasilkan kualitas kinerja yang tinggi serta senantiasa memperkuat mental dan mengimplementasikan nilai-nilai agama dalam diri tiap pegawai.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini