Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Artikel
Kunjungi KPKNL Palopo, Direktorat PKNSI Terapkan Konfigurasi Keamanan Perangkat TIK
Dendi Yudha Satria
Senin, 30 September 2019   |   244 kali

Palopo – Pada tanggal 18 September s.d 20 September 2019 KPKNL Palopo mendapatkan kunjungan kerja dari Direktorat PKNSI dalam rangka kegiatan Penerapan Baseline Konfigurasi Keamanan Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kementerian Keuangan. Kunjungan Direktorat PKNSI diwakili oleh pegawai dari Subdit PDLO, yaitu Dedy Widia Hananto dan Tomi Dwijayanto.

Dalam kunjungannya, Dedy dan Tomi disambut oleh Ya’kub selaku Kepala KPKNL Palopo. Dalam sambutannya Ya’kub mengatakan selamat datang di KPKNL Palopo dan semoga menikmati suasana di Kota Palopo.

 

Setelah disambut dan menyampaikan maksud dari kunjungan kerjanya kepada Ya’kub, Tomi dan Dedy diajak berkeliling kantor oleh PIC (Person In Charge) TIK KPKNL Palopo, Dendi Yudha Satria untuk melihat alur jaringan TIK dan ruang server sekaligus berdiskusi masalah jaringan TIK. “Baseline konfigurasi keamanan TIK perlu dilakukan kepada seluruh kantor di Kementerian Keuangan baik dari Kantor Pusat, Kantor Wilayah maupun Kantor Vertikal. Hal ini untuk mencegah terjadinya pencurian maupun peretasan data yang ada di jaringan kantor. Pada KPKNL Palopo, kami fokus terhadap jaringan LAN (Local Area Network),” ujar Tomi.

 

Kemudian dalam pelaksanaannya, Tomi dan Dedy melakukan upgrade sistem operasi cisco switch dan penerapan konfigurasi dari yang sebelumnya telnet menjadi SSH (Secure Shell). SSH sama halnya dengan telnet, digunakan untuk memasuki mesin jaringan, namun SSH mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah dapat digunakan untuk mengkopi file secara terenkrip. Hal tersebut merupakan kelebihan dari SSH, sebelum paket ditransmisikan maka paket akan dienkrip terlebih dahulu. Proses itupun dilakukan oleh kedua pihak, klien dan server. Sehingga konfigurasi via SSH lebih aman dibanding telnet yang tidak terenkripsi.

 

Selain memperbaiki masalah konfigurasi jaringan TIK, Tomi dan Dedy juga melakukan pengecekan alat vicon baik dari sisi intranetnya dan pengaturan alatnya. Dedy memberikan arahan berupa alternatif untuk menggunakan vicon via Laptop/PC sehingga vicon tidak harus selalu di ruang rapat, bisa di ruang kerja sendiri atau di tempat lain.

 

Dengan adanya penerapan baseline konfigurasi keamanan perangkat TIK ini, Direktorat PKNSI berharap KPKNL Palopo dapat menjadi kantor yang mempunyai keamanan perangkat TIK yang kuat dan mencegah dari peretasan atau pencurian data. (Foto/Teks: Seksi Hukum dan Informasi)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini