Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palangkaraya > Artikel
Wisata Kuliner Murah Dermaga Rambang Palangka Raya
Nenny Susanty
Rabu, 30 Agustus 2023   |   764 kali

Dermaga Rambang merupakan pelabuhan yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, yang awalnya dermaga ini beroperasi melayani masyarakat pengguna kapal dagang maupun penumpang, juga sebagai tempat aktivitas bongkar muat barang yang datang dari Kalimantan Selatan dan daerah lainnya. Namun semenjak jembatan Kahayan berdiri yang menghubungkan jalan darat dari Palangka Raya dengan sejumlah Kabupaten seperti Gunung Mas, Barito Selatan, aktifitas di dermaga Rambang menjadi sangat berkurang. Yang terlihat hanya ada beberapa kapal yang bersandar di dermaga, bangunanpun sudah mulai banyak yang hancur.

Pada tanggal 22 Desember 2022, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin meresmikan Kawasan Wisata Kuliner Dermaga Rambang yang berada di jalan Riau, Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya, di mana pengembangan kawasan ini merupakan program Pemerintah Kota Palangka Raya bersama PT. PLN dalam upaya membina dan memberdayakan masyarakat sekitar. Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Palangka Raya kepada masyarakat sekitar khususnya, dan warga Palangka Raya umumnya, Pemerintah Kota telah membangun beberapa lapak yang bisa digunakan masyarakat untuk berjualan aneka makanan tradisional dan kuliner lainnya seperti sate ayam, ikan bakar, lalapan, kue-kue tradisional seperti lupis, selada singkong, serabi, aneka gorengan dan  masih banyak lagi.

Selain kuliner, pemerintah kota juga menyediakan kapal wisata bagi masyarakat yang ingin melakukan susur sungai, sambil menikmati pemandangan sungai Kahayan di sore hingga malam hari.

Tempat wisata kuliner ini biasanya mulai buka sekitar pukul 3 sore dan mulai ramai sekitar jam 4  hingga malam hari, di kawasan ini  juga sekali waktu diisi juga dengan acara hiburan live musik dari artis lokal, untuk sekedar menghibur para pengunjung yang datang bersama teman dan keluarga,

Pada bulan Ramadhan pengunjung yang datang ke tempat ini, akan lebih ramai lagi, karena menjadi tempat masyarakat untuk ngabuburit, begitu waktu buka puasa tiba masyarakat tinggal pesan makanan, dan tidak perlu pulang ke rumah dulu.

Dermaga Rambang yang dulu seperti mati suri, sekarang sudah bergairah lagi, karena selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat, terutama di hari sabtu dan minggu.

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini