Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mandai, kuliner nikmat dari kulit Cempedak
Nenny Susanty
Senin, 30 Januari 2023   |   15788 kali

Mandai adalah salah satu makanan khas dari daerah Kalimantan Tengah, tetapi mandai juga bisa kita temukan di kota lain seperti di Kalimantan Selatan juga sangat terkenal dan digemari masyarakat asli Kalimantan.

Bahan utama mandai adalah kulit cempedak yang yang telah di kupas kulit paling luarnya yang bergerigi, cuci bersih dan di potong-potong besarnya sesuai selera, kemudian dicampur garam dan penyedap rasa yang takarannya sesuai selera saja, terus dimasukkan kedalam toples dan didiamkan selama beberapa hari.

Di Kalimantan Tengah mandai adalah makanan yang sangat istimewa, disajikan dalam bentuk sambel goreng, disayur santan dan di goreng begitu saja juga sudah nikmat. aromanya sangat menggoda, dan mampu membuat selera makan meningkat.

Mandai tidak hanya rasanya yang nikmat, tapi mandai juga mengandung vitamin A dan C, bahkan  mandai juga termasuk sumber karbohidrat, protein, lemak, kalsium, dan fosfor. serta kaya akan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mampu menekan kadar kolesterol dalam darah.

Mandai tidak hanya di olah untuk konsumsi rumah tangga atau jualan di warung makan, tapi dimanfaatkan ibu-ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan dengan berjualan secara online, umumnya melalui media sosial Facebook dan Instagram, yang di jual dalam bentuk masakan seperti oseng mandai pedas, mandai batanak atau hanya digoreng biasa dengan tambahan sambel terasi agar rasanya lebih nikmat, dan hasilnya tentu saja lumayan untuk membantu keuangan rumah tangga.

Penasaran ingin tau rasanya?? yuuuk berkunjung ke Kalimantan Tengah dan jangan sampai lewatkan yang namanya mandai, kalau memang sedang musim cempedak, pasti banyak yang menjual mandai di sepanjang jalan tertentu yang ada di Kota Palangka Raya khususnya, atau kalau mau mencoba membuat sendiri juga tersedia kulit cempedak mentahan yang sudah dikupas, jadi tinggal dicuci dan diolah jadi mandai.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini