Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pentingnya Mengenal Bahasa Daerah Sebagai Pendukung Tugas
Nenny Susanty
Rabu, 21 Desember 2022   |   2667 kali

Ketika kita bertugas di suatu daerah, tentu kita akan bertemu dengan orang-orang yang menggunakan bahasa daerahnya, dan orang daerah yang tidak bisa berbahasa Indonesia, apalagi kalau kita bertugas di daerah terpencil. Dalam keadaan seperti itu akan sangat penting sekali jika kita belajar mengenal bahasa daerah setempat, karena ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil dan bisa membantu kita ketika sedang bersosialisasi maupun berinteraksi dengan mereka.

Bahasa merupakan alat komunikasi manusia untuk menyampaikan maksud dan tujuannya, baik itu menggunakan media suara ataupun tangan, penting sekali kalau kita bisa mengerti, apalagi kalau bisa menggunakan pada saat yang  tepat. Seperti pengalaman seorang PNS yang berasal dari sebuah daerah harus dimutasi ke daerah lain . Saat dia harus dinas ke lapangan untuk sebuah tugas yang harus berinteraksi dengan masyarakat, pasti akan lebih mudah kalau bisa menggunakan bahasa lokal, jika tidak mereka akan lebih berhati-hati kepada orang yang dianggap sebagai pendatang dan saat berinteraksi mereka akan sedikit segan bercerita kepada petugas atau menjadi tidak santai, karena suasana sangat formil sekali, tetapi jika kita menguasai bahasa mereka, tentu sangat mudah sekali kita memulai interaksi, mereka juga sangat senang kepada orang asing yang menggunakan bahasa mereka, mereka menjadi lebih mudah di ajak bicara dan mengerti tentang apa yang akan kita sampaikan kepada mereka.

Memang tidak mudah untuk kita bisa cepat menguasai dan menggunakan Bahasa daerah lain, pada beberapa orang memang butuh waktu agak lama, bahkan bakat menguasai sebuah Bahasa juga ikut menentukan cepat tidaknya kita mengerti bahasa daerah, tapi sebagai awal minimal kita mengerti dan bisa mengucapkan kata-kata yang umum dulu, dalam suatu daerah, misal ucapan selamat pagi, siang dan malam, panggilan sapaan kepada seseorang seperti paman, bibi, kakek, nenek, adik, kakak  dan sebagainya.

Semua orang tentu senang ketika ada orang yang menunjukkan minat pada bahasa mereka. demikian pula dengan orang daerah atau warga lokal, mereka akan merasa tersanjung saat kita mencoba mengucapkan sepatah dua patah kata dalam bahasa mereka. Lebih lanjut lagi, mereka pun akan merasa lebih dekat dengan kita dan siap menawarkan bantuan kapanpun kita membutuhkannya. Bukankah ini cara yang menyenangkan untuk membangun ikatan dalam sebuah hubungan?

Oleh karena itu ada baiknya kita untuk mau belajar bahasa pada setiap daerah yang menjadi tempat kita tinggal dalam waktu yang cukup lama, untuk mendukung pekerjaan kita maupun kehidupan kita sehari-hari dalam suatu daerah.

 

 

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini