Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Wisata Dermaga Kereng Bangkirai dan Batu Ampar Kalimantan Tengah
Rohman Juani
Senin, 25 Oktober 2021   |   8263 kali

Dermaga Kereng Bangkirai merupakan salah satu objek wisata yang banyak diminati wisatawan di Palangka Raya. Jarak tempuh dari pusat Palangka Raya ke dermaga kereng lebih kurang 20 menit dengan jarak 11 km dari pusat kota.

 

Dermaga Kereng Bangkirai merupakan gerbang masuk menuju kawasan Taman Nasional Sebangau. Taman Nasional Sebangau merupakan kawasan wisata alam dan juga lokasi penelitian gambut di Kalimantan Tengah.

 

Dermaga kereng bangkirai dulunya merupakan tempat untuk berlatih atlet dayung di Kalimantan Tengah. Kemudian dibangun tribun dan pondok-pondok kecil yang dibangun disekitar sungai sebangau. Sekarang di sekitar dermaga kereng bangkirai sudah banyak terbangun warung maupun rumah warga.

 

Wahana wisata yang ada di dermaga kereng bangkirai yaitu sepeda bebek air, susur sungai, wisata ke batu ampar, dan masih banyak yang lain. Biaya untuk menggunakan wahana wisata pun tidak mahal sekitar 5.000 hingga 30.000 rupiah.

 

Perjalanan wisata ke batu ampar menggunakan perahu dengan jalan menyusuri sungai membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari dermaga. Susur sungai menuju Batu Ampar sangat menegangkan dengan menggunakan perahu yang hanya cukup untuk 5 orang saja. Di Batu Ampar terbentang lahan yang luas dengan rerumputan yang hijau. Bukit-bukit yang bagus untuk foto bersama teman atau pun keluarga.

 

Saran untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Dermaga Kereng Bangkirai atau pun lanjut ke Batu Ampar memilih waktu pagi hari atau sore hari, agar mendapatkan pemandangan yang bagus dan tidak terlalu panas ketika berkunjung. (Teks/Foto: Rohman Juani: Seksi HI PKY).

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini