Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
Berkat e-Auction, Lelang Aset PT. Semen Padang Capai 241 Persen
Ayu Fitriana
Senin, 05 April 2021   |   673 kali

                 Padang - Lelang (e-Auction) aset perusahaan Milik PT Semen Padang yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang digelar di Gedung Utama PT. Semen Padang pada hari Rabu tanggal 31 Maret 2021. Pelaksanaan lelang dipimpin oleh Pelelang Ahli Pertama KPKNL Padang, Santi Safaria dan bertindak sebagai Pejabat Penjual Nurita Handayani (Kepala Unit Sarana Umum PT Semen Padang). Lelang dilaksanakan dengan penawaran secara tertulis tanpa kehadiran peserta lelang melalui aplikasi portal lelang Indonesia (closed bidding) yang dapat diakses pada alamat domain https://lelang.go.id. Tepat pukul 10.00 waktu server Aplikasi Lelang Indonesia, Santi Safaria mengetuk palu menentukan pemenang pada pelaksanaan lelang ini.

 Lelang tersebut berhasil menembus angka Rp 2,2 Milyar,- atau mencapai 241 persen dari target, angka ini melebihi dari (harga limit) Rp 910 juta. Objek yang laku terjual dalam lelang tersebut berupa 1 (satu) paket wagon semen, komputer (PC) dan printer yang terdiri dari: 105 unit eks. wagon semen dengan kondisi besi tua/scrap (tidak termasuk sasis), 147 unit eks. komputer (PC) dengan kondisi scrap, 141 unit eks. printer dengan kondisi scrap, Objek tersebut berada di komplek PT Semen Padang Jalan Raya Indarung dan komplek PT KAI Simpang Haru Padang.

Dalam Pelaksanaan Lelang ini KPKNL Padang menyumbang PNBP ke Negara sebesar 3,5 persen dari Harga yang terbentuk dengan rincian 2 persen Bea Lelang Pembeli dan 1.5 persen Bea Lelang Penjual, dengan Nomimal Rp. 77 Juta. Pengumuman lelang Non Eksekusi Sukarela ini telah dipublikasikan melalui Surat Kabar Harian Singgalang, Posmetro, Padang Ekspres, Haluan dan Surat Kabar Rakyat Sumbar pada tanggal 25 Maret 2021. Sejak pengumuman diterbitkan, terlihat antusias dari peserta lelang yang luar biasa karena tidak hanya diikuti oleh warga Sumatera Barat tetapi juga dari luar Sumatera Barat.

                Pada kesempatan ini, Pelelang Ahli Pertama KPKNL Padang, Santi Safaria menyampaikan kelebihan e-auction, dimana lelang dengan cara e-Auction memungkinkan barang yang dijual bisa dilihat masyarakat di seluruh wilayah Indonesia tidak terbatas di wilayah dimana barang tersebut berada atau terbatas wilayah KPKNL tempat barang dijual, sehingga peluang untuk suatu barang terjual akan lebih besar (optimalisasi harga) dan pembeli tidak perlu hadir secara langsung ketika pelaksanaan lelang,

Pada akhir acara, Nurita Handayani mewakili PT Semen Padang memberikan Apresiasi Kepada KPKNL Padang, karena sudah banyak membantu Panitia Penjualan PT Semen Padang, sehingga terselenggaranya pelaksanaan lelang ini berjalan dengan lancar dan berujung dengan hasil yang memuaskan. (Teks/Foto: Guziarie Zul/Yurista Vipriyanti).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini