Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
Bincang Transformasi: Transformasi Digital bukan Pilihan, tapi Keharusan
Ayu Fitriana
Rabu, 12 Agustus 2020   |   564 kali

Rabu (8/12/2020)- Kementerian Keuangan mengadakan Kegiatan Webinar Bincang Transformasi yang merupakan bentuk kolaborasi Kementerian Keuangan dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam rangka berbagi knowledge mengenai transformasi digital. Kegiatan yang dibagi 3 sesi ini di buka oleh Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara. Pada kesempatan tersebut, Suahasil menyampaikan bahwa transformasi digital merupakan keharusan bukan pilihan dan kita harus segera melakukannya.

Pandemic Covid-19 mempercepat proses transformasi digital terutama di Kementerian Keuangan. Covid-19 mengharuskan sebagian besar pegawai bekerja dari rumah, namun pelayanan kepada masyarakat harus tetap optimal dan berdaya guna. Upaya untuk melayani masyarakat adalah dengan melakukan teknologi digital, meskipun sebelum pandemic sudah dilakukan namun belum begitu optimal. Pekerjaan yang dilakukan secara daring dapat diselesaikan dengan baik dan efektif 

Pemaparan sesi berikutnya di sampaikan oleh, Deputi 2 PANRB, Rini Widyantini.  Rini memaparkan bahwa Transformasi Digital merupakan bagian dari Reformasi Birokrasi. Selain itu Rini juga menyampaikan roadmap birokrasi 2020-2024, strategi transformasi digital pada Kementerian PAN dan RB.

Pada akhir kegiatan, digelar sesi diskusi terkait contoh reformasi digital pada masing-masing Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah antara lain pemaparan transformasi digital dilingkungan Kementerian Dalam Negeri yang di wakilkan oleh Yusharto, lingkungan Pemerintah daerah oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak dan Sekda Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, lingkungan Kementerian Keuangan oleh Sekjen Kemenkeu, Hadiyanto, dan lingkungan Kemendikbud oleh Muhammad Hasan Chabibie.

Diharapkan Kegiatan ini dapat menginspirasi dan memotivasi Kementerian/Lembaga dan Pemda lainnya dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi serta melakukan perbaikan proses bisnis dan pelayanan di unit kerjanya masing-masing.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini