Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Artikel
Mengenal Lebih Dekat Jembatan Siti Nurbaya
Kholis Zakwani
Selasa, 25 Oktober 2022   |   9171 kali

Kota Padang memiliki banyak tempat wisata yang indah. Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal yaitu kawasan Jembatan Siti Nurbaya. Banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini karena di sini dapat melihat pemandangan kota tua Padang, matahari terbenam, hingga berburu kuliner di sore hari.

Sebagaimana halnya Jembatan Ampera yang merupakan ikon dan kebanggaan warga kota Palembang, ternyata kota Padang juga memiliki ikon yang tidak kalah menariknya. Ya, ikon kota Padang tersebut namanya adalah Jembatan Siti Nurbaya. Menurut sumber yang dapat dipercaya  Jembatan Siti Nurbaya mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai serta diresmikan pada tahun 2002. Jembatan yang berada di atas sebuah sungai bernama Batang Arau ini memiliki panjang 156 meter. Jembatan ini menghubungkan kota tua Padang dengan sebuah tempat bernama Taman Siti Nurbaya di Gunung Padang.

Mengapa di beri nama Jembatan Siti Nurbaya?

Sobat mungkin penasaran mengapa jembatan dan taman yang ada di Padang ini diberi nama “Siti Nurbaya”. Sumatera Barat memang memiliki banyak sekali cerita rakyat/legenda. Salah satu cerita legenda yang sangat fenomenal adalah Novel Siti Nurbaya karya Marah Rusli. Ia adalah salah seorang sastrawan angkatan Balai Pustaka. Konon kabarnya di Puncak Gunung Padang terdapat sebuah makam yang oleh masyarakat dipercayai sebagai makam Siti Nurbaya. Di sana banyak kita dapati wisatawan yang datang untuk berziarah. Dan karena itulah maka kemudian tempat tersebut dinamai Taman Siti Nurbaya.

Taman Siti Nurbaya

Taman Siti Nurbaya terletak lebih kurang 500 meter dari Jembatan Siti Nurbaya. Di Taman ini banyak kita dapati pohon-pohon yang rindang dan lebat. Ketika kita berada di taman Siti Nurbaya maka kita bisa melihat pemandangan wilayah Barat Kota padang dari ketinggian. Taman ini  berada di jalaur yang sama dengan makam Siti Nurbaya.

Situasi Jembatan Siti Nurbaya Menjelang Malam Hari

Jembatan Siti Nurbaya merupakan salah satu tempat faforit yang menjadi tujuan kunjungan bagi wisatawan khususnya anak-anak muda. Dari atas jembatan  para wisatawan bisa melihat matahari terbenam, melihat pemandangan ke kota tua Padang dan menikmati aneka kuliner di malam hari. Menjelang sore hari di atas jembatan Siti Nurbaya biasanya terdapat para pedagang yang menjajakan aneka jajanan seperti jagung bakar, roti bakar, pisang bakar, sate padang dan berbagai maca jenis minuman yang bisa dinikmati oleh para wisatawan dengan harga terjangkau. Namun belakangan ini, sejak direnovasi tidak tampak lagi yang berjualan di atas jembatan Siti Nurbaya. Mereka berpindah ke sisi lain ke ujung jembatan Siti Nurbaya.  

Mari kita mencintai tanah air  sendiri dengan berwisata mengunjungi objek wisata dalam negeri..

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini