Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Artikel
Yuk, Kita Kenali Coffee Mocktail (Minuman Kopi Ala Cocktail Tanpa Alkohol) Dan Intip Cara Pembuatannya
Kholis Zakwani
Rabu, 02 Maret 2022   |   37444 kali

Kita sudah terbiasa menikmati kopi susu dalam keseharian kita. Pernah terpikir nggak bagaimana jika kita sekali-sekali mencoba kopi hitam yang dicampur dengan lemon atau bunga? Orang biasa menyebut minuman seperti ini dengan Coffee Mocktail. Di kalangan para penikmat kopi, minuman coffee mocktail akhir-akhir ini semakin diminati. Bahkan Coffee Mocktail sudah menjadi menu utama di beberapa coffee shop / kedai kopi.

Sejatinya, kehadiran mocktail merupakan minuman alternatif dari cocktail yang pada umumnya menggunakan  campuran alkohol.  Mocktail merupakan minuman segar yang dipadu dengan buah-buahan, herbs atau bunga yang disajikan di atas gelas  seperti halnya cocktail namun tanpa adanya campuran alkohol.

Konsep dasar pembuatan minuman inilah yang kemudian berkembang, utamanya dalam dunia perkopian. Rasa Kopi hitam yang tentunya pahit  kini mendapat sentuhan “warna” baru dengan adanya tambahan buah-buahan, dan rempah-rempah atau herb.

Di zaman sekarang industri perkopian meningkat begitu pesat. Banyak orang berlomba-lomba untuk membuka usaha coffee shop. Dan sekarang coffee shop sudah banyak dijumpai di setiap sudut jalan kota. Pada umumnya minuman yang dijual adalah berbagai macam kopi kekinian, seperti kopi susu, coffee mocktail, ice beverage dan lain-lain.

 

Salah satunya, coffee mocktail hadir sebagai salah satu menu favorit di coffee shop “Pambaleh Kopi” yang berada di salah satu sudut Kota Padang. Menurut Ahlul Fikri, pemilik coffee shop “Pambaleh Kopi”   yang saat ini masih kuliah di semester 5  Universitas Negeri Padang, mengungkapkan bahwa sebenarnya berkembangnya tren coffee mocktail di Indonesia tak diketahui secara pasti. Namun ia memperkirakan, kreasi minuman tersebut mulai berkembang sejak 3 tahun belakangan ini. Di Pambaleh Coffee sendiri, menu coffee mocktail baru mulai dijual sekitar pertengahan tahun 2021.  

Saat ini kopi sudah menjadi kebutuhan gaya hidup sehari-hari bagi penikmatnya. Kalau kita lihat kedai-kedai kopi yang ada di kota padang hampir semuanya selalu dipenuhi pengunjung. Belum lengkap rasanya hari-hari tanpa kehadiran secangkir kopi. Kebutuhan akan kopi inilah yang membuat  mereka yang menjadi pelaku di industri kopi semakin kreatif untuk mengembangkan minuman tersebut.

Sebagaimana kita ketahui bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, sehingga alkohol merupakan minuman yang tidak boleh dikonsumsi. Karena mayoritas masyarakat di Indonesia tidak mengkonsumsi alkohol, maka kehadiran coffee mocktail begitu diminati oleh para penikmat kopi.

Di era sekarang, orang-orang mulai berkarya dengan mencampurkan minuman mocktail yang segar dengan espresso. Pasti penasaran gimana tuh rasanya? Ya, rasanya kopi yang segar dan pas diminum ketika panas terik matahari yang menyelimuti. Perpaduan rasa pahitnya espresso dicampur dengan manis, asamnya dari buah-buahan dan dicampur dengan soda.

 

Nah, bagi yang penasaran mimin kasih satu resep minuman coffee mocktail yang bisa dicobain di rumah. Adapun alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

1.     shaker (pengaduk untuk mencampurkan semua bahan)

2.     gelas ukuran 12 oz

3.     1 buah apel hijau

4.     30 ml syirup green apple

5.     gula cair secukupnya

6.     4 cristal es batu

7.     30 ml espresso

8.     40 ml soda

 

Cara membuatnya:

1.     masukan espresso sebanyak 30 ml ke dalam shaker

2.     campurkan syrup green apple sebanyak 30 ml ke espresso

3.     masukan gula cair secukupnya sesuai dengan selera

4.     campurkan 40 ml soda

5.     masukan es batu sekitar 4 kristal  ke shaker lalu aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata dan menciptan busa atau foam yang tebal

6.     lalu potong-potong buah apel sesuai yang diinginkan sebagai hiasan di gelas

 

Nah, bagi yang masih penasaran dengan rasanya seperti apa itu coffee mocktail, mimin merekomendasikan salah satu tempat coffee shop yang ada di kota padang yaitu di coffee shop “PAMBALEH COFFEE”. Di sana tersedia berbagai macam minuman seperti coffee mocktail, manual brew, kopi susu, ice beverage, mocktail dan  tea. Pambaleh Coffee beralamat di Jalan Belanti Raya, Lolong Belanti. Kec. Padang Utara, Kota Padang, tepatnya berada di samping SMAN 1 Padang. Untuk Info lebih lanjut dapat dicek Instagramnya di @pambalehcoffee. (Foto: Kholis/Dwi Priono/Fikri)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini