Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Artikel
Pesona Mandeh, Raja Ampatnya Sumatera Barat
Firdha Aulia
Kamis, 30 Desember 2021   |   5647 kali

Kawasan Mandeh merupakan salah satu tempat wisata favorit di Sumatera Barat. Perpaduan antara bukit dan teluk seluas ± 18.000 hektare dengan dihiasi pulau-pulau kecil yang berada di bagian tengah teluk menjadikan Kawasan Mandeh ini dikenal sebagai Raja Ampatnya Sumatera Barat. Terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan. Objek wisata ini dapat ditempuh hanya 2 jam dari Kota Padang menggunakan jalur darat.

Istilah Mandeh sendiri dalam bahasa minang artinya bundo atau bunda atau ibu, sehingga kawasan ini dianggap sebagai induk kepulauan oleh masyarakat dan penduduk setempat. Beberapa pulau kecil yang berada di kawasan ini diantaranya Pulau Setan, Pulau Traju, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, dan Pulau Cubadak. Di bagian Utara kawasan Mandeh terdapat pulau-pulau yang bentuknya melingkar, sangat menakjubkan dan jelas terlihat dari ketinggian. Pulau-pulau yang melingkar ini diantaranya Pulau Pagang, Pulau Marak, Pulau Bintangor, dan Pulau Ular.

Salah satu pulau yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan di kawasan Mandeh adalah Pulau Setan. Meskipun namanya seram, namun pada kenyataanya tidak demikian. Nama asli pulau tersebut ialah Pulau Sutan yang kemudian berubah seiringnya waktu akibat pelafalan masyarakat setempat. Pulau Setan memiliki daya tarik tersendiri dimana pasir pantainya yang masih putih bersih, air laut yang biru, ombak yang cukup tenang, serta memiliki puncak bukit sebagai spot terbaik menikmati panorama alam dari ketinggian.

Di Pulau Setan, saat ini sudah tersedia warung-warung makanan dimana menjadi salah satu mata pencaharian ekonomi penduduk setempat. Terdapat juga penyewaan permainan air seperti banana boat dengan tarif Rp30.000,- per orang dan juga paket snorkeling. Tidak hanya bermain air, wisatawan bisa mengelilingi pulau-pulau kecil di kawasan Mandeh menggunakan kapal kecil yang disewakan oleh masyarakat sekitar.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kawasan Mandeh, tidak perlu bingung karena banyak paket wisata yang ditawarkan oleh penduduk lokal untuk bisa wisata antar pulau di sini. Semakin banyak peserta, semakin murah biayanya, karena menyangkut harga sewa kapal. Sebagai gambaran, untuk paket wisata perjalanan 1 hari (1 Day Trip) yang baru-baru ini penulis lakukan tarifnya adalah sebagai berikut:

PAKET PULAU KAWASAN MANDEH  ~1 Day Trip~

Min. 2 Orang @950 Ribu/2 Orang; Min. 3 Orang @400/Orang; Min. 4 - 5 Orang @300/Orang; Min. 6 - 7 Orang @250/Orang; Min. 8 - 9 Orang @200/Orang; Min. 10 - 13 Orang @180/Orang; Min. 14 Orang - Up @150/Orang

#Destinasi Trip :

Pulau Sutan // Melewati Depan Pulau Cubadak // Spot Snorkelingn // Pulau Seronjong Kecil // Spot Snorkeling // Hutan Manggrove // Air Terjun Sungai Gemuruh

Fasillitas, Sudah Termasuk :

Kapal/Boat, Asuransi, Pelampung, Alat Snorkeling, Dokumentasi Underwater, Dokumentasi Darat, Makan Siang, Snack, Buah, Air Mineral, P3K, Free Tiket Masuk Pulau, Free Tikar, Free Parkir, Tour Guide Handal Dan Ramah

Ket :

Lokasi Keberangkatan/Meeting Point : Dermaga TPI Cerocok Tarusan, Pesisir Selatan

Jadwal Start Trip 1 Hari Jam 09/10 Wib Pagi s/d 16.00 Wib Sore (Bersifat Flexsibel)

Tamu Diwajibkan Memakai Masker Dan Membawa Hand Sanitizer


(Teks/Foto : Firdha Aulia/ Kholis Zakwani)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini