Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Artikel
Masjid Terbesar Kota Sawahlunto
Firdha Aulia
Rabu, 08 September 2021   |   1850 kali

Masjid Agung Nurul Islam atau biasa dikenal Masjid Agung Sawahlunto merupakan masjid yang terbesar di Kota Sawahlunto. Masjid ini terletak di Jalan Proklamasi, Kelurahan Kubang Sirakuk Utara, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Pada awalnya, Masjid Agung Nurul Islam merupakan bangunan pusat pembangkit listrik bertenaga uap (PLTU) yang dibangun oleh Perusahaan Tambang Batu Bara Ombilin pada rentang tahun 1894-1898. Pada tahun 1952 bangunan ini kemudian berubah fungsi menjadi masjid hingga saat ini. 

Bangunan utama Masjid Agung Nurul Islam ini berukuran 60x60 meter. Ia memiliki satu kubah besar di tengah dan dikelilingi empat kubah ukuran kecil. Bangunan cerobong asap setinggi lebih dari 75 meter kemudian dijadikan sebagai menara masjid dengan tambahan kubah setinggi 10 meter. Sampai saat ini, Masjid Nurul Islam masih menjaga eksistensinya sebagai Masjid terbesar di Kota Sawahlunto. 

Terletak di tengah-tengah kota menjadikan Masjid ini salah satu tempat yang wajib didatangi ketika berkunjung ke Kota Sawahlunto, Hanya berjarak 150 meter dari Masjid ini terdapat Museum Kereta Api Sawahlunto yang juga menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Masjid Agung Nurul Islam tidak hanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah, namun juga sebagai tempat kegiatan acara adat. 

Beberapa tempat wisata yang ada di Kota Sawahlunto diantaranya Danau Biru, Hotel Ombilin dan Kawasan Kota Tua Sawahlunto, Puncak Cemara, Makam Belanda, Puncak Batu Runcing, Air Terjun Desa Wisata Rantih, serta Kawasan Tambang Batubara Ombilin yang ditetapkan UNESCO sebagai salah satu warisan dunia dengan nama “Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto”. (Teks/Foto: Aulia)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini