Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Survey Potensi Produk Kerajinan Tangan UMKM Lampung Ethnica
Muhamad Rizkiana Gumilang
Senin, 26 Februari 2024   |   19 kali

Jumat, (23/02), Tim Kedai Lelang KPKNL Metro mengunjungi rumah produksi Lampung Ethinca dalam rangka penggalian potensi lelang produk UMKM di Kab. Lampung Timur. Lampung Ethnica merupakan UMKM yang memproduksi dan menjual produk kerajinan tangan khas Lampung, yaitu kain tapis dan produk turunannya. Lampung Ethnica merupakan salah satu UMKM unggulan di Kab. Lampung Timur yang produknya memiliki keunikan dan kekhasan daerah Lampung sehingga kerap kali dipesan sebagai oleh-oleh selepas berkunjung dari Provinsi Lampung.

 

Dalam kegiatan ini, tim Kedai Lelang UMKM KPKNL Metro berdialog dengan pemilik Lampung Ethnica, Qoriatul Hayati mengenai perkembangan usaha Lampung Ethnica, pemasaran produk, iklim usaha produk kerajinan tangan, serta pengenalan tugas dan fungsi KPKNL, pelaksanaan lelang, pengenalan aplikasi lelang dan fitur lelang produk UMKM. Meyzar Ahmad, Pejabat Fungsional Pelelang KPKNL Metro menjelaskan bahwa mekanisme penjualan dan calon pembeli lelang di aplikasi lelang Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda jika dibandingkan dengan marketplace pada umumnya. Hal ini dapat membuka pangsa pasar baru dengan jangkauan yang luas mencakup seluruh wilayah Indonesia. Sementara itu, Angga Aprianto menerangkan bahwa permohonan lelang di KPKNL Metro bagi pelaku UMKM tidak dikenakan biaya alias gratis. Penjual hanya perlu membayar bea lelang sebesar 1,5% saat barang tersebut sudah laku terjual.

 

Selepas berdialog dan melihat produk kerajinan tangan Lampung Ethnica, Tim Kedai Lelang KPKNL Metro mengajak pemilik Lampung Ethnica untuk berpartisipasi dalam Kedai Lelang UMKM Tahun 2024. Tim kembali menyampaikan bahwa lelang.go.id merupakan platform jual beli lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif. Fitur lelang produk UMKM pada web lelang.go.id juga sebagai salah satu bentuk pemberdayaan UMKM dan dukungan pemerintah kepada UMKM yang merupakan salah satu pilar penopang kekuatan perekonomian Indonesia.


#AyoIkutLelang #kedailelangUMKM #DJKNOptimalkanAset #JagaAsetNegara

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini