Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Bimbingan Teknis Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN)
Muhamad Rizkiana Gumilang
Jum'at, 10 Februari 2023   |   290 kali

Metro – Rabu, (8/2) KPKNL Metro menyelenggarkan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan BMN ,bertempat di aula rapat KPKNL Metro. Kegiatan bimtek ini diikuti oleh perwakilan satuan kerja (satker) penerima surat persetujuan pelaksanaan pemanfaatan dan pemindahtangangan Barang Milik Negara (BMN) yang diterbitkan oleh Pengelola Barang pada tahun 2022. Setelah menerima persetujuan tersebut, operator aplikasi SIMAN wajib melakukan pemutakhiran data pengelolaan BMN pada aplikasi SIMAN sebagaimana surat persetujuan yang telah diterima.

KPKNL Metro selaku Pengelola Barang memiliki tugas melakukan pemantauan atas pelaksanaan Penggunaan, Pemanfaatan, dan Pemindahtanganan BMN. Pemantauan tersebut bertujuan untuk memastikan pelaksanaan pengelolaan BMN telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku sebagaimana surat persetujuan yang telah diterbitkan. Kegiatan pemutakhiran data pada aplikasi SIMAN merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tertib administrasi dalam pengelolaan BMN. Atas kepentingan tersebut, kegiatan Bimtek Pengelolaan BMN ini diselenggarakan atas inisiasi dari Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara.

Kegiatan bimtek kali ini difokuskan untuk memberikan asistensi perekaman data pada Aplikasi SIMAN oleh operator satker. Acara dibuka oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Joko Susanto. Beliau menerangkan bahwa persetujuan pengelolaan BMN yang telah diterbitkan KPKNL Metro pada periode semester 2 tahun 2022 terdiri dari 12 Persetujuan Sewa dan 13 Persetujuan Penjualan. Namun, berdasarkan data monitoring KPKNL Metro, terdapat surat persetujuan yang belum dilakukan penginputan pada aplikasi SIMAN, yaitu 1 persetujuan sewa dan 5 persetujuan penjualan BMN. Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat membantu satuan kerja dapat meningkatkan keahlian operator SIMAN sekaligus mewujudkan tertib pengelolaan BMN.

Selanjutnya, Pegawai pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Bima, Teri, dan Suhandi memandu secara langsung tata cara perekaman data persetujuan pengelolaan BMN pada aplikasi SIMAN. Seluruh peserta terlihat sangat fokus mengikuti tahap demi tahap penginputan dan mencoba langsung perekaman data sesuai dengan surat persetujuaanya masing-masing. Apabila terdapat peserta yang mengalami hambatan, pegawai KPKNL Metro dengan sigap menghampiri dan membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Di akhir sesi kegiatan, para peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi mengenai permasalahan-permasalahan mengenai pengelolaan BMN yang dijumpai. Meskipun telah sampai di akhir kegiatan, sesi tanya jawab menjadi sesi yang paling hangat mengingat antusias peserta untuk berdiskusi dengan pegawai KPKNL Metro.

KPKNL berkomitmen menjadi Pengelola BMN yang profesional, berintegritas, dalam mengelola aset negara yang optimal.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini