Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Sosialisasi Aplikasi SIMAN Fitur master Aset Tanah, Bangunan dan Rumah Negara
Desiana Wahyuningsih
Kamis, 22 Juli 2021   |   1029 kali

Untuk peningkatan  kualitas data dalam aplikasi Sistem Informasi  Manajemen Aset Negara (SIMAN) khususnya  fitur Master Aset Tanah, Banguanan dan Rumah Negara, Kamis (22/7) melalui media Zoom Meeting, KPKNL Metro melaksanakan  Sosialisasi Update Master  Aset Tanah, Bangunan dan Rumah Negara pada aplikasi SIMAN, yang diikuti oleh  Satker di wilayah kerja KPKNL Metro. Maya Sartika, Kepala KPKNL Metro, membuka kegiatan sosialisasi tersebut dan berharap melalui kegiatan ini kualitas data aset tanah, bangunan dan rumah negara yang ada pada aplikasi SIMAN masing-masing Satker menjadi lebih baik lagi dan selalu ter-update datanya. Agar kegiatan sosialisasi ini berjalan efektif dan efesien dan tentunya tepat sasaran,  Joko Susanto (Kasi PKN KPKNL Metro), betindak sebagai moderator.

Tahapan update data dokumen sertifikasi  BMN berupa tanah  pada master aset SIMAN, dikupas secara tuntas dan lugas oleh Miftachul Huda, Staf Seksi PKN KPKNL Metro pada sesi pertama penyampaian materi dengan tema  Siman Master Aset tanah, tahap  pengisian field dokumen pemilikan menjadi poin perhatian agar dipastikan benar dalam pengisiannya, karena harus diisi sesuai  dokumen kepemilikan tanah yang terakhir ada dan agar dapat melanjutkan ke update data berikutnya. Huda juga menyampaikan bahwa apabila  terdapat informasi lain yang perlu disampaikan terkait asset tanah tersebut supaya  dicatatakan juga pada menu keterangan, dan file softcopy dari dokumen tanah tersebut harus juga di unggah untuk dapat dilakukan penyimpanan datanya.

Tata cara update data BMN berupa bangunan dan rumah negara  pada aplikasi SIMAN fitur Master Aset Bangunan dan Rumah Negara menjadi materi kedua, yang disampaikan oleh Dwi Asmoro, Staf Seksi PKNL KPKNL Metro. Mengawali penyampaian materi Dwi Asmoro memastikan bahwa untuk melakukan updating data satker harus sudah melakukan Sinkronisasi data SIMAK BMN Per Taanggal 31 Desember 2020 (Audited) dan fitur master asset telah menggunakan plugin terbaru  yaitu  v3.2.5.6 tanggal 29 Maret 2021. Detail updating data disampaikan secara runtun oleh Dwi Asmoro agar mudah dipahami oleh para peserta.

Untuk memberikan kesempatan kepada peserta sosialisasi dalam meningkatkan pemahamannya terkait fitur Master Aset Tanah, Banguanan dan Rumah Negara pada aplikasi SIMAN, dibuka sesi tanya jawab yang dipandu langsung oleh Joko Susanto, selaku Moderator. Diskusi terus bergulir satu persatu pertanyaan di respon dengan baik oleh narasumber  dan moderator dengan satu tujuan agar para Satker paham betul pentingnya updating data aset BMN berupa tanah, bangunan dan rumah negara pada aplikasi SIMAN fitur Master Aset Tanah, Banguanan dan Rumah Negara, sehingga kualitas data tersebut tetap  terjaga, untuk terwujudnya pengelolaan BMN yang tertib dan akuntabel.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini