Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
SINERGI TUNTASKAN SERTIFIKASI BMN 2021
Desiana Wahyuningsih
Kamis, 10 Juni 2021   |   152 kali

Kamis (10/6), bertempat di BBC Hotel Bandar Jaya, Kabupaten Lampung Tengah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,  KPKNL Metro mengikuti Rapat Pembahasan  Minitoring dan Identifikasi  Sertifikat BMN Berupa Tanah Tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu dan dihadiri oleh Kanwil BPN Lampung dan Kantor pertanahan di wilyah kerjanya serta Satker yang masuk dalam program sertifikasi BMN berupa tanah di tahun 2021.

Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Arik Hariyono, dan Kepala Kanwil BPN Provinsi Lampung, Yuniar Hikmat Ginanjar, secara bergantian membuka rapat koordinasi ini. Sertifikasi merupakan bentuk pengamanan BMN berupa tanah secara hukum dan administrasi. Meski dengan keterbatasan di masa pandemi ini, kita sebagai Aparatur Sipil Negara  tetap mampu menunjukkan etos kerja yang baik untuk menyelesaikan tugas kita  ujar Arik.  Ia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kinerja pensertifikatan BMN berupa tanah kepada Kanwil BPN Provinsi Lampung, Kantor Pertanahan di lingkungan Kanwil BPN Provinsi Lampung dan Satuan Kerja. Dari 471 bidang tanah di provinsi Lampung yang menjadi target sertifikasi, 423 telah selesai proses sertifikasinya. Terdapat sisa 48 bidang tanah, diharapkan dapat diselesaikan di akhir Juni ini.

Yuniar Hikmat Ginanjar, Kepala Kanwil BPN  Lampung menyampaikan Sertifikasi BMN menjadi program yang diawasi pemerintah dan KPK. Dalam pelaksanaannnya di 2021 terdapat beberapa daerah yang telah merampungkan  program sertifikasi hingga 100%. Sementara untuk beberapa daerah yang  belum menyelesaikan  diakuinya terdapat beberapa kendala yang tentunya tetap diupayakan untuk penyelesaiannya. Secara keseluruhan pelaksanaan sertifikasi BMN tanah telah selesai sekitar 90%. Diharapkan akhir Juni sudah terselesaikan penerbitan sertifikat semuanya.

Pada kesempatan ini  juga dilaksanakan penyerahan sertifikat BMN berupa tanah di wilayah kerja KPKNL Metro yang masuk dalam kategori target Sertifikasi BMN tahun 2021 sejumlah 306 Sertifikat. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Kantor Pertanahan dengan disaksikan oleh Kepala KPKNL Metro. Sebagai wujud apresiai terhadap Kantor Pertnahan yang telah menyelesaikan program sertifikasi tercepat, Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu menyerahkan piagam penghargaan kepada Kantor Pertanahan di wilayah Provinsi Lampung yang berhasil menyelesaikan program sertifikasi tercepat. Adapun untuk Kantor Pertanahan di wilayah kerja KPKNL Metro diserahkan kepada Kantor Pertanahan Mesuji.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini