Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Sharing Session, Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL Metro Paparkan Tusinya
Eka Hidayati
Minggu, 24 Januari 2021   |   362 kali

Metro - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Metro telah melaksanakan sharing session yang dilakukan rutin sekali dalam setiap minggu melalui media zoom meeting, tujuannya untuk memperluas pengetahuan para pegawai terkait tusi yang ada di KPKNL Metro, dan pengembangan kompetensi pegawai. Sharing session ini dilaksanakan oleh setiap seksi secara bergantian. Sharing session kali ini dilaksanakan oleh seksi penilaan pada Rabu (20/1).

Seksi pelayanan penilaian diwakili oleh Riyadus Sholihin sebagai pembicara memaparkan garis besar tugas seksi pelayanan penilaian berupa identifikasi permasalahan, survei pendahuluan, pengumpulan, dan analisa data, penerapan metode penilaian, rekonsiliasi nilai, kesimpulan nilai, dan laporan penilaian, serta penyusunan basis data penilaian.   

Penilaian adalah proses pekerjaan seorang penilai dalam memberikan opini tertulis mengenai nilai ekonomi pada saat tertentu. Untuk istilah penilaian sendiri dalam lingkup DJKN adalah proses pekerjaan untuk menilai aset yang berupa milik pemerintah / barang milik negara ( BMN ) yang tujuannya adalah untuk penyusunan neraca keuangan pemerintah, pemanfaatan, serta pemindahtanganan. Sebagai contoh, misalnya sebuah gedung milik negara dinilai oleh penilai, lalu penilai tersebut memberikan suatu opini bahwa masih ada space yang dapat dioptimalisasikan dengan tidak mengubah status kepemilikan dan tidak mengganggu tugas dan fungsi (tusi), maka space yang dapat dioptimalisasikan tersebut dapat digunakan untuk sewa kantin, mesin anjungan tunai mandiri (ATM), dan sebagainya. Selalu diingat bahwa peran penilai hanyalah dalam memberikan opini, namun peran untuk melakukan optimalisasi adalah tetap pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) ungkap Riyadus.

Proses pelaksanaan penilaian tersebut meliputi pengumpulan data awal seperti data tanah, data banguan, karakteristik pasar di sekitar lokasi, dan lain-lain, kemudian setalah dilakukan pengumpulan data, dilanjutkan dengan pelaksanaan survei lapangan dan analisis data, setelah itu dilanjutkan juga dengan penentuan pendekatan penilaian, simpulan nilai, dan yang terakhir adalah pembuatan laporan penilaian.

Untuk menggali lebih dalam pemahaman materi sharing session yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut, maka dibuka sesi tanya jawab dan diskusi, yang dipandu langsung oleh Kepala Seksi Penilaian. Sebagai penutup, Maya Sartika, Kepala KPKNL Metro berharap bahwa pelaksanaan sharing session tersebut benar-benar bisa menjadi sarana bagi para pegawai untuk berbagi ilmu dan pemahaman yang terkait tusi yang ada di KPKNL demi terwujudnya pelayanan prima kepada stakeholder


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini