KPKNL Metro
Berita DJKN

Apresiasi kepada Satker Terbaik Dalam Pelaksanaan Revaluasi BMN 2017-2018 di Wilayah Kerja KPKNL Metro

Rabu, 10 Oktober 2018   |   146 kali

Metro - Untuk mengapresiasi dukungan para satker atas keberhasilan Revaluasi BMN tahun 2017-2018, Kepala Kantor Pelaksana Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Metro melakukan kunjungan sekaligus memberikan penghargaan secara langsung kepada Satker yang berhasil menuntaskan Revaluasi tahun 2017-2018 dengan baik. Kepala KPKNL Metro, Swastiko Purnomo didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), Akir Priyono melakukan kunjungan kerja ke Polres Lampung Utara, Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Pangkalan Udara Bun Yamin, serta IAIN Metro.

Satker pertama yang dikunjungi adalah Polres Lampung Utara. Rombongan KPKNL Metro disambut hangat oleh Kepala Polres Lampung Utara, Eka Mulyana. Swastiko menyampaikan terima kasih atas sambutan dari Kapolres Lampung Utara. Dalam kesempatan ini, Swastiko menyampaikan bahwa Kepolisian Resor Lampung Utara masuk dalam target revaluasi pada tahun 2018 dengan objek revaluasi sejumlah 101 NUP dengan perincian 31 NUP Tanah dan 70 NUP Bangunan yang telah selesai dilaksanakan dengan baik.

Swastiko mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Bapak Kapolres untuk menugaskan Bapak Agus Priyana dan Bapak Siswadi mendampingi Tim Revaluasi untuk melaksanakan survei lapangan termasuk disiapkan fasilitas untuk menjangkau polsek dan polsubsektor yang ada. Form pendataan revaluasi sudah dibuat dengan sangat baik sehingga memudahkan tim pada saat melaksanakan survei lapangan.

Kedatangan rombongan KPKNL Metro salah satunya untuk memberikan apresiasi secara langsung atas pelaksanaan revaluasi BMN pada Kepolisian Resor Lampung Utara sebagai Satuan Kerja Terbaik III (dari 129 satuan kerja) sekaligus apresiasi kepada Bapak Siswadi sebagai tim pelaksana revaluasi terbaik III dari unsur kuasa pengguna barang. Untuk kriteria pemberian apresiasi atas revaluasi BMN ini diantaranya adalah koordinasi, penyiapan data awal (form revaluasi), inventarisasi objek revaluasi, pelaksanaan pendampingan lapangan dan tindak lanjut atas hasil revaluasi BMN.

Setelah melakukan kunjungan ke Polres Lampung Utara, rombongan KPKNL Metro melanjutkan kunjungan ke Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) dengan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam. Sesampainya di Balai TNWK, rombongan KPKNL Metro disambut langsung oleh Kepala Balai TNWK, Subakir.

Pada kesempatan tersebut, Swastiko menyampaikan bahwa Balai Taman Nasional Way Kambas masuk dalam target revaluasi pada tahun 2018 dengan objek revaluasi sejumlah 196 NUP (4 NUP Tanah dan 127 NUP Bangunan, dan  65 Jalan Jembatan dan Bangunan Air) yang telah selesai dilaksanakan dengan baik. Swastiko juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Bapak Kepala Balai untuk menugaskan Bapak Hartono mendampingi Tim Revaluasi untuk melaksanakan survey lapangan termasuk disiapkan fasilitas untuk menjangkau seluruh bangunan dan JJBA (Jalan, Jembatan, dan Bangunan Air) yang ada. Form pendataan revaluasi sudah dibuat dengan sangat baik sehingga memudahkan tim pada saat melaksanakan survei lapangan.

Swastiko memberikan apresiasi secara langsung atas pelaksanaan revaluasi BMN pada Balai Taman Nasional Way Kambas sebagai Satuan Kerja Terbaik II (dari 129 satuan kerja) sekaligus apresiasi kepada Bapak Hartono sebagai tim pelaksana revaluasi terbaik II dari unsur kuasa pengguna barang. Swastiko juga mengapresiasi pelaksanaan pengelolaan BMN pada Balai Taman Nasional Way Kambas yang telah berjalan dengan baik. Penetapan status penggunaan BMN sudah cukup baik, dan pemanfaatan BMN berupa Sewa sudah dilaksanakan dengan baik.

Kunjungan pada hari berikutnya dilaksanakan ke Satker Lanud Pangeran Bun Yamin. Kedatangan Swastiko dan rombongan disambut langsung oleh Komandan Lanud, Mulyono. Swastiko menyampaikan maksud kedatangan rombongan KPKNL Metro ke Lanud Pangeran Bun Yamin untuk menyampaiakan apresiasi secara langsung atas pelaksanaan revaluasi BMN pada Lanud Pangeran M. Bun Yamin sebagai Satuan Kerja dengan objek revaluasi BMN terbanyak (1.157 NUP).

Lanud Pangeran M. Bun Yamin masuk dalam target revaluasi pada tahun 2017 dengan jumlah objek revaluasi 1.157 NUP dengan perincian 6 NUP Tanah, 1.132 NUP Bangunan, dan 19 NUP Jalan Jembatan dan Bangunan Air. Jumlah target tersebut merupakan persentase terbesar (sebesar 64,53%) dari keseluruhan total target revaluasi pada KPKNL Metro pada Tahun 2017 yaitu sejumlah 1.793 NUP yang telah selesai dilaksanakan dengan baik. Swastiko juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Danlanud untuk menugaskan Bapak Suparno dan Saudara Dwi Cahyono mendampingi Tim Revaluasi untuk melaksanakan survei lapangan. Form pendataan revaluasi sudah dibuat dengan baik sehingga memudahkan tim pada saat melaksanakan survei lapangan.

Kunjungan Terakhir dilaksanakan ke IAIN Metro. Rombongan KPKNL Metro disambut dengan hangat oleh Rektor IAIN Metro, Prof. Dr. Enizar, M.Ag. Swastiko mengucapkan terima kasih kepada Rektor IAIN yang telah menerima kedatangan rombongan dari KPKNL Metro. Swastiko menyampaikan bahwa IAIN Metro merupakan salah satu satuan kerja yang melaksanakan revaluasi BMN pada tahun 2017 dengan total target objek revaluasi BMN sebanyak 79 NUP yang terdiri dari 2 NUP Tanah, 67 NUP Bangunan, 7 NUP Jalan Jembatan dan 3 NUP Bangunan Air, yang telah dilaksanakan dengan baik.

Swastiko mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan dari Rektor yang telah menugaskan jajarannya, khususnya kepada Mas Akhmad Faiz, Mas Sarto Sutik, Mas Ahmad Muchlisin, dan Pak Prayitno untuk melaksanakan inventarisasi BMN dan mendampingi Tim Revaluasi untuk melaksanakan survey lapangan terhadap seluruh tanah, bangunan, jalan, jembatan dan bangunan air yang menjadi target revaluasi. Form pendataan revaluasi BMN pada IAIN Metro sudah dibuat dan diisi dengan lengkap dan jelas sehingga memudahkan tim pada saat melaksanakan survei lapangan.

Pada kesempatan tersebut, Swastiko memberikan apresiasi secara langsung atas pelaksanaan Revaluasi BMN pada IAIN Metro sebagai Satuan Kerja Terbaik I (dari 129 satuan kerja) sekaligus apresiasi kepada Akhmad Faiz sebagai Pelaksana Revaluasi Terbaik I dari unsur Kuasa Pengguna Barang. Dan juga mengapresiasi pelaksanaan pengelolaan BMN pada IAIN Metro yang telah berjalan dengan baik. Penetapan status penggunaan BMN sudah cukup baik, dan pemanfaatan BMN berupa Sewa (antara lain sewa sebagian tanah untuk ATM BRI dan Bank Lampung, Minimart, dan kantin) sudah dilaksanakan dengan baik. (Penulis/Foto: Ilham Abdullah Setiana)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl A.H Nasution Nomor 116 Kota Metro
(0725) 48803
(0725) 48843
kpknlmetro@kemenkeu.go.id