Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Artikel
Kedai Lelang UMKM KPKNL Metro
Desiana Wahyuningsih
Selasa, 15 November 2022   |   165 kali

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi kelompok usaha yang sangat terdampak akibat pandemic Covid 19. Dalam rangka meningkatkan perekonomian bangsa, melalui program pemulihan Ekonomi Nasional,  pemerintah bergiat menggerakkan kembali  (UMKM). Sejalan dengan program pemerintah  tersebut, KPKNL Metro turut berperan aktif dalam kegiatan (KEDAI Lelang UMKM) Tahun 2022.  Upaya untuk memasarkan dan memperkenalkan produk UMKM melalui lelang menjadi wujud tanggung jawab sosial (Corporate Social Responbility (CSR)) insan lelang KPKNL Metro terhadap lingkungan serta masyarakat sekitar mengingat kegiatan usaha UMKM mampu menyerap  tenaga kerja dan berkontribusi positif terhadap perekonomian suatu daerah.

KPKNL Metro sebagai unit vertikal DJKN, melalui kedai lelang UMKM bertujuan untuk memperkenalkan alternatif transaksi jual beli melalui portal lelang Indonesia  yaitu lelang .go.id kepada para pelaku UMKM. kami juga mendorong para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya melalui lelang, agar dapat  memperluas pemasaran dan produk UMKM tersebut juga menjadi lebih dikenal oleh masyarakat.

Penggalian potensi lelang diawali dengan melakukan koordinasi dengan Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Metro dengan tujuan untuk menggali data dan informasi mengenai UMKM yang ada di metro. dan produknya memenuhi kriteria diikutsertakan dalam lelang UMKM.  Langkah selanjutnya kami melakukan koordinasi secara langsung dengan para pelaku UMKM yang kami prediksi memenuhi kriteria dapat mengikuti lelang. Untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan sesuai Surat Keputusan Kepala KPKNL Metro telah ditetapkan pembentukan  Tim Kedai Lelang UMKM KPKNL Metro

Berdasarkan hasil penggalian potensi lelang dan dengan memperhatikan  kriteria produk UMKM  yg di lelang  yaitu memiliki Daya Jual Tinggi, Mudah Dikirim, Tidak Mudah Rusak/busuk dan Mencerminkan kearifan local, Kami menetapkan   UMKM yang akan berkolaborasi dalam pelaksanaan lelang. Mengingat penjualan produk UMKM melalui lelang merupakan  hal baru bagi para Pelaku UMKM, maka Tim Kedai Lelang melakukan pendampingan dalam mengenalkan tata cara pelaksanaan lelang, publikasi produk dan tindak lanjut pasca lelangnya.

Untuk menarik minat masyarakat dalam mengikuti lelang UMKM, kami Menyusun katalog lelang sebagai sarana pendukung pemasarannya. Dan bagi Pembeli lelang yang berdomisili di Kota Metro, Pihak UMKM memberikan layanan antar produk langsung ke alamat Pembeli maksimal 1 (satu) hari kerja setelah dilakukan pelunasan.   Langkah selanjutnya Tim Kedai Lelang UMKM mempersiapkan tahapan pelaksanaan lelang dan Menyusun timeline pelaksanaanya.

Tim Kedai Lelang UMKM KPKNL Metro,  sampai dengan akhir September 2022 telah melaksanakan  Lelang lima produk UMKM yaitu.

·       Lelang UMKM Delnas Craft,  pada tanggal 24 Maret 2022, dengan obyek lelang  tas tapis, sebanyak 4 paket, pokok lelang sebesar Rp 2.085.000.

Delnas craft merupakan UMKM yang mewadahi pengrajinaksesoris dan tas yang berasal dari kan tapais, yang merupakan kain khas lampung.

·       Lelang UMKM Telaga Rizky  21, pada tanggal 29 Juni 2022, dengan obyek lelang Susu Kambing, sebanyak 10 Lot, pokok lelang sebesar Rp. 400.000

Susu Kambing Telaga Rizky 21 merupakan produsen berbagai varian susu kambing murni yang telah di olah menjadi susu bubuk yang berkualitas.

·       Lelang UMKM Afzal Zidan, pada tanggal 29 Juni 2022, dengan obyek lelang  Madu murni, sebanyak  10 Lot,  pokok lelang sebesar Rp. 500.000.

Afzal Zidan merupakan produsen madu murni yang berasal dari kabupaten Tulang Bawang

·       Lelang UMKM Tunas, pada tanggal 28 September 2022, dengan obyek lelang  Kripik Pisang, sebanya 50 Lot, pokok lelang sebsar Rp. 750.000)

UMKM Tunas merupakan produsen kripik pisang aneka varian rasa yang merupakan salah satu oleh oleh khas kota metro

·       Lelang UMKM Silabi, pada tanggal 28 September 2022, dengan obyek lelang kain batik silabi, sebanyak 2 lot, pokok lelang Rp. 400.000.

Batik silabi Ini merupakan produk dari siswa siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) Wiyata Dharma, Metro. Kolaborasi dengan SLB Wiyata Dharma, Metro, telah terjalin sejak kedai lelang UMKM tahun 2021. 

Kolaborasi yang terjalin melalui lelang UMKM diharapkan dapat membantu Para Pelaku UMKM agar mampu bangkit dan berkembang serta berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional. Selain itu lelang  sebagai sarana jual beli yang terpercaya juga menjadi semakin dikenal luas. Kedai Lelang, Inovasi Tiada Henti, Sahabat UMKM. Bangga Buatan Indonesia, UMKM Jaya, Indonesia Maju.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini