Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Artikel
JALAN KAKI UNTUK TERJAGANYA KESEHATAN TUBUH
Desiana Wahyuningsih
Senin, 27 Desember 2021   |   60583 kali

Tidak dapat kita pungkiri bahwa kemajuan teknologi dan kemudahan sarana transportasi, di satu sisi juga mempengaruhi budaya hidup manusia, bahkan juga membatasi ruang gerak tubuhnya. Berkembangnya teknologi dan kemudahan sarana transportasi, semakin membuat manusia malas untuk melakukan segala sesuatu yang mengharuskan dan membutuhkan kinerja otak dan otot, sehingga aktifitas/gerak tubuh menjadi terbatas.. Di  zaman internet seperti sekarang ini segalanya menjadi serba maju dan kreatif, apapun dapat dilakukan hanya melalui gadget dalam genggaman. Berbagai kemudahan yang di  dapatkan dari kemajuan teknologi dan ketersediaan saran transportasi memberikan dampak baik maupun buruk, tergantung seperti apa kita menyikapinya

Bagaiman kita mengatasi dampak dari kemajuan teknologi dan kemudahan sarana transportasi, yang memberi berbagai macam kemudahan dan menjadikan gerak tubuh  terbatas, sehingga  mengganggu kesehetan tubuhya, menjadi satu hal yang harus segera ditemukan solusinya.  Berolah raga secara rutin memang dapat menjadi salah satu solusinya, namun apabila kita terkendala dengan keterbatasan waktu, tempat dan fasilitas untuk berolahraga, kita tetap masih dapat malukannya dengan bejalan kaki.

Berjalan kaki bukan hanya untuk menjalankan aktivitas saja, tetapi juga sebagai sarana untuk berolahraga. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian dari berjalan kaki adalah aktivitas bergerak maju atau perpindahan dari satu tempat ketempat lainnya dengan melangkahkan kaki. Hampir seluruh aktifitas mahluk hidup dilakukan dengan berjalan dan hampir semua orang sering berjalan kaki, namun demikian manfaat jalan kaki belum banyak disadari. Bahkan Jalan kaki sering kali dianggap sepele daripada jenis aktivitas olahraga lain yang lebih berat, seperti joging, fitnes, bersepeda atau olah raga lainnya. Padahal, jika dilakukan secara rutin, aktivitas jalan kaki dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jalan kaki merupakan olah raga yang mudah dan murah untuk dilakukan.

Manfaat dari olah raga berjalan kaki memang tidak dapat diragukan lagi. Mengutip dari situs Better Health, olah raga jalan kaki dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular serta paru-paru dan menurunkan resiko penyakit jantung serta stroke. Selain itu berjalan kaki juga bisa mengontrol atau menurunkan resiko tekanan darah tinggi/ hipertensi, kolesterol, nyeri sendi dan diabetes. Menilik pada artikel P2PTM Kemenkes RI, di Website Kementrian Kesehatan RI,  bejalan kaki  secara rutin tiap hari, dapat memberikan manfaat diantaranya adalah :

1.      Mencegah penyakit jantung

Berjalan kaki  membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta memperlancar sirkulasi darah.

2.      Menenangkan pikiran

Berjalan kaki dapat menjaga kadar endorphin (hormon yang memberikan energy positif) sehingga dapat membantu menenangkan pikiran

3.      Perubahan positif pada otak

Berjalan kaki membantu mencegah pikun, mengurangi risiko Alzheimer dan memperbaiki kesehatan mental dengan mengurangi stres mental dan menjaga kadar endorfin tinggi dalam tubuh.

4.      Memperbaiki penglihatan

Berjalan kaki membantu memerangi glaukoma, penyakit yang disebabkan cairan terkumpul di bagian depan mata dan meningkatkan tekanan atas syaraf penglihatan.

5.      Menambah volume paru-paru

Berjalan kaki dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah dan membantu melatih paru-paru, karena dengan bernafas lebih dalam dan lebih baik, penyakit paru-paru juga bisa diatasi.

6.        Menambah kekuatan otot

Dengan berjalan kaki 10.000 langkah setiap harinya, itu sama dengan berlatih di fitness centre, apalagi jika berjalan mendaki, yang kemungkinan mendapat cedera lebih kecil.

7.      Efek positif bagi pankreas

Menurut studi, sekelompok orang yang berjalan kaki secara rutin dalam enam bulan menunjukkan peningkatan daya tahan terhadap glukosa enam kali lipat dibanding mereka yang berlari.

8.      Mencegah Diabetes

Dengan membiasakan berjalan kaki  sekitar 6 km per jam, waktu tempuh sekitar 50 menit, ternyata dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes Tipe 2, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk (National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases). Diabetes dapat diatasi tanpa perlu minum obat,  dengan melakukan gerak badan rutin berkala.

9.      Menekan Risiko Serangan Jantung.

Otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Dengan berjalan kaki akan memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Sehingga kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup.

10.  Berat badan stabil.

Berjalan kaki secara rutin, membuat laju metabolisme tubuh ditingkatkan. Selain sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas berjalan kaki, kelebihan kalori yang mungkin ada akan terbakar dengan meningkatnya metabolisme tubuh, sehingga kenaikan berat badan tidak terjadi.

11. Memperkuat sendi dan tulang

Berjalan kaki secara teratur bisa meningkatkan mobilitas sendi, mencegah menurunnya masa tulang, bahkan juga mengurangi risiko keretakan.

12. Menghilangkan sakit punggung

Berjalan kaki mendorong perbaikan sirkulasi darah di dalam struktur tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh dan fleksibilitas yang vital bagi kesehatan tulang belakang.

Jalan kaki merupakan pilihan olah raga kardio yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Meski begitu manfaat jalan kaki tidak sesederhana kelihatannya. Manfaat jalan kaki sangatlah banyak, untuk itu jangan malas berjalan kaki agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Jadi tunggu apa lagi ? Yuk mulailah hidup lebih sehat dari hal termudah dengan jalan kaki secara rutin.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini