Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Artikel
INOVASI LAYANAN KPKNL METRO UNTUK PELAYANAN YANG BERKUALITAS
Desiana Wahyuningsih
Sabtu, 25 September 2021   |   389 kali

Pandemi Covid 19 bukan hanya berdampak langsung pada perekonomian tapi juga berpengaruh pada  kehidupan sosial masyarakat dengan adanya pembatasan aktivitas / kegiatan masyarakat di kesehariannya. Kondisi ini juga berpengaruh kepada para Pengguna Jasa KPKNL Metro, dikarenakan  adanya kendala dalam mendapatkan informasi dengan tatap muka / hadir secara langsung ke KPKNL Metro untuk berkonsultasi dan mengajukan layanan/mengetahui progres layanan. KPKNL Metro sebagai salah satu instansi vertikal Direktorat Jendral Kekayaan Negara dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya  juga melakukan penyesuaian sistem kerja dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Pengaturan penerapan Work From Home (WFH) dan Work Frome Office (WFO) delaksanakan secara ketat yang tentunya tetap memperhatikan penerapan Protokol Kesehatan yang memadai di pelaksanaannya, agar kenyamanan, keamanan dan keselematan para pengguna jasa dan para pegawai tetap terjaga.

Tuntutan optimalisasi pemanfaatan teknologi dan informasi menjadi sebuah keniscayaan untuk segera di realisasikan dalam pemberian pelayanan. Sarana layanan baik bagi pihak external maupun internal yang berbasis non tatap muka menjadi salah satu alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Untuk itu KPKNL Metro terus bertransformasi dan berinovasi untuk tetap dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan berintegritas. Setelah sembilan inovasi dibangun di bulan Maret 2021 dan ditetapkan dalam Keputusan Kepala KPKNL Metro nomor: KEP-44/WKN.05/KNL.04/2021, KPKNL Metro kembali membangun lima inovasi yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Kepala KPKNL Metro nomor: 100/WKN.05/KNL.04/2021. Kelima inovasi tersebut adalah :

 

1.    Dashboard Layanan Penilaian Elektronik (DALAN LIANE)

Merupakan Aplikasi berbasis Website digunakan sebagai alat monitoring proses bisnis pelayanan penilaian KPKNL Metro, yang dapat diakses melalui bit.ly/DashboardPenilaian AdapunTujuan dari pelaksanaan inovasi ini adalah agar Pemohon Penilaian/Stakeholder dapat :

a)    Memonitor sampai dimana proses permohonan penilaian yang mereka ajukan

b)    Mengetahui secara pasti dokumen persyaratan dalam pengajuan / permohonan penilaian;

c)    Mengunduh contoh dokumen terkait penilaian seperti SPTJM, Surat Keterangan Scrap;

 

2.    Pengelolaan Kekayaan Negara Digital Layanan (PEKAN DILAN)

Merupakan Media yang menyajikan informasi, konsultasi dan monitoring terkait pelayanan dan aplikasi Pengelolaan Kekayaan Negara di KPKNL Metro berupa

a.          Informasi Status Permohonan Pengelolaan BMN Satuan Kerja;

b.         Layanan Konsultasi Pengelolaan BMN;

c.          Installer dan update / pembaharuan versi aplikasi PKN (SIMAK dan SIMAN)

d.         Informasi Bagan Alur, persyaratan, dan format dokumen pengajuan pengelolaan BMN seperti (Penetapan Status Penggunaan.

PEKAN DILAN dapat diakses melalui google drive Layanan PKN KPKNL Metro.

Adapun tujuan  dari pelaksanaan inovasi ini adalah agar Satuan Kerja dapat :

a)    berkonsultasi terkait pengelolaan kekayaan negara dimanapun dan kapanpun tanpa harus hadir ke KPKNL Metro

b)    mengetahui secara pasti dokumen persyaratan dalam pengajuan / permohonan pengelolaan kekayaan negara, bahkan dapat mengunduh format dokumen tersebut

c)    mengunduh pembaharuan aplikasi dengan mudah mulai dari installer awal sampai dengan versi terbaru

d)    memonitor sampai dimana proses permohonan pengelolaan kekayaan negara yang mereka ajukan

 

3..   Dashboard PPKM

Merupakan media yang menyajikan data pegawai terkait kehadiran Work From Office, Work From Home , Cuti, perjalanan Dinas,dll sebagai penunjang pelaksanaan disiplin pegawai di KPKNL Metro. Dashboar PPKM dapat diakses melalui bit.ly/PPKMMetro. Adapun tujuan dari pelaksanaan inovasi ini  adalah :

a.    Setiap pegawai dapat mengetahui kondisi dan status kehadiran seluruh pegawai KPKNL Metro.

b.    Atasan langsung dan pimpinan dapat mengetahui secara aktual kondisi dan status kehadiran seluruh pegawai sehingga memudahkan dalam monitoring dan pelaporan kondisi dan status kehadiran pegawai.

c.    Sebagai sarana pengambilan kebijakan oleh pimpinan dalam rangka menentukan jumlah pegawai yang melaksanakan Work From Office, Work From Home, Cuti maupun Perjalanan Dinas dengan mengacu pada peta sebaran zonasi covid-19.

 

4.   NGOPI PAI

Ngobrol Pagi Padat Aktual dan Informatif (NGOPI PAI) merupakan  Dialog interaktif yang dilaksanakan menggunakan platform Instagram antara  akun KPKNL Metro yang digunakan sebagai host dengan akun instgram narasumber/pembicara. Dialog dilakukan secara langsung menggunakan fitur live instagram. Pemirsa live instagram dapat langsung memberikan pertanyaan melalui kolom live chat dan langsung direspon oleh pembicara/ narasum. Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya media penyajian informasi, konsultasi dan sosialisasi terkait profil dan pelayanan KPKNL Metro, diharapkan dapat menjadi sarana pemasaran akan layanan, tugas dan fungsi, serta program KPKNL Metro maupun DJKN. Selain itu pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan engagement  dengan pengguna jasa maupun masyarakat melalui bentuk komunikasi informal dan interaktif

 

5.  Papan Monitor Integritas

Merupakan papan monitor yang mengingatkan pegawai KPKNL Metro untuk melaksanakan kewajibannya seperti kewajiban penilaian prilaku, SPT,ALPHA, LHKPN. dan penyelesaian Dialog Kinerja Individu (DKI) dan Dialog Kinerja Organisasi (DKO), Yang telah dilakukan oleh seluruh pegawai KPKNL Metro.  Update data pada Papan Monitor Integritas dapat dilakukan  melalui link bit.ly/PMIKPKNLMetro. Adapun tujuan dari pelaksanaan inovasi ini adalah penyelesaian tanggung jawab pegawai menjadi lebih terpantau, sehingga bila ada pegawai yang belum menyelesaikan sesama pegawai bisa saling mengingatkan.

 

Berbagai inovasi yang dibangun dan telah dilaksanakan oleh KPKNL Metro merupakan upaya untuk terwujudnya pelayanan yang berkualitas bagi para Pengguna Jasa. Pandemi Covid-19 memberikan motivasi lebih untuk berinovasi dalam meningkatkan pelayanan yang responsif, efisien, dan efektif, sehingga pelayanan yang diberikan tetap maksimal dan berkualitas didalam keterbatasan.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini