Pandemi Covid 19 bukan
hanya berdampak langsung pada perekonomian tapi juga berpengaruh pada kehidupan sosial masyarakat dengan adanya pembatasan
aktivitas / kegiatan masyarakat di kesehariannya. Kondisi ini juga berpengaruh kepada
para Pengguna Jasa KPKNL Metro, dikarenakan adanya kendala dalam mendapatkan informasi dengan
tatap muka / hadir secara langsung ke KPKNL Metro untuk berkonsultasi dan mengajukan layanan/mengetahui
progres layanan. KPKNL Metro sebagai salah satu instansi vertikal Direktorat
Jendral Kekayaan Negara dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya juga melakukan penyesuaian sistem kerja dalam
rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Pengaturan penerapan Work From Home
(WFH) dan Work Frome Office (WFO) delaksanakan secara ketat yang tentunya tetap
memperhatikan penerapan Protokol Kesehatan yang memadai di pelaksanaannya, agar
kenyamanan, keamanan dan keselematan para pengguna jasa dan para pegawai tetap
terjaga.
Tuntutan optimalisasi
pemanfaatan teknologi dan informasi menjadi sebuah keniscayaan untuk segera di
realisasikan dalam pemberian pelayanan. Sarana layanan baik bagi pihak external
maupun internal yang berbasis non tatap muka menjadi salah satu
alternatif solusi
dari permasalahan tersebut.
Untuk itu KPKNL Metro terus
bertransformasi dan berinovasi untuk tetap dapat memberikan pelayanan yang
berkualitas dan berintegritas. Setelah sembilan inovasi dibangun di bulan Maret
2021 dan ditetapkan dalam Keputusan Kepala KPKNL Metro nomor: KEP-44/WKN.05/KNL.04/2021,
KPKNL Metro kembali membangun lima inovasi yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan
Kepala KPKNL Metro nomor: 100/WKN.05/KNL.04/2021. Kelima inovasi tersebut
adalah :
1. Dashboard Layanan Penilaian Elektronik (DALAN LIANE)
Merupakan Aplikasi berbasis
Website digunakan sebagai alat monitoring proses bisnis pelayanan penilaian
KPKNL Metro, yang dapat diakses melalui bit.ly/DashboardPenilaian
AdapunTujuan dari pelaksanaan inovasi ini adalah agar Pemohon
Penilaian/Stakeholder dapat :
a) Memonitor sampai dimana
proses permohonan penilaian yang mereka ajukan
b) Mengetahui secara pasti
dokumen persyaratan dalam pengajuan / permohonan penilaian;
c) Mengunduh contoh dokumen terkait penilaian seperti
SPTJM, Surat Keterangan Scrap;
2. Pengelolaan Kekayaan Negara Digital Layanan (PEKAN DILAN)
Merupakan Media yang menyajikan
informasi, konsultasi dan monitoring terkait pelayanan
dan aplikasi Pengelolaan Kekayaan Negara di KPKNL Metro berupa
a.
Informasi Status Permohonan Pengelolaan BMN Satuan Kerja;
b.
Layanan Konsultasi Pengelolaan BMN;
c.
Installer dan update / pembaharuan versi aplikasi PKN
(SIMAK dan SIMAN)
d.
Informasi Bagan Alur,
persyaratan, dan format dokumen pengajuan pengelolaan BMN seperti (Penetapan
Status Penggunaan.
PEKAN
DILAN dapat diakses melalui google drive Layanan PKN KPKNL Metro.
Adapun tujuan dari pelaksanaan inovasi ini adalah agar
Satuan Kerja dapat :
a) berkonsultasi terkait
pengelolaan kekayaan negara dimanapun dan kapanpun tanpa harus hadir ke KPKNL
Metro
b) mengetahui secara pasti
dokumen persyaratan dalam pengajuan / permohonan pengelolaan kekayaan negara,
bahkan dapat mengunduh format dokumen tersebut
c) mengunduh pembaharuan
aplikasi dengan mudah mulai dari installer awal sampai dengan versi terbaru
d)
memonitor sampai dimana
proses permohonan pengelolaan kekayaan negara yang mereka ajukan
3.. Dashboard
PPKM
Merupakan media yang
menyajikan data pegawai terkait kehadiran Work From Office, Work From Home ,
Cuti, perjalanan Dinas,dll sebagai penunjang pelaksanaan disiplin pegawai di
KPKNL Metro. Dashboar PPKM dapat diakses melalui bit.ly/PPKMMetro. Adapun tujuan
dari pelaksanaan inovasi ini adalah :
a.
Setiap pegawai dapat mengetahui kondisi dan
status kehadiran seluruh pegawai KPKNL Metro.
b.
Atasan langsung dan pimpinan dapat mengetahui
secara aktual kondisi dan status kehadiran seluruh pegawai sehingga memudahkan
dalam monitoring dan pelaporan kondisi dan status kehadiran pegawai.
c.
Sebagai sarana pengambilan kebijakan oleh
pimpinan dalam rangka menentukan jumlah pegawai yang melaksanakan Work From
Office, Work From Home, Cuti maupun Perjalanan Dinas dengan mengacu pada peta
sebaran zonasi covid-19.
4. NGOPI PAI
Ngobrol Pagi Padat Aktual dan Informatif (NGOPI PAI) merupakan Dialog interaktif yang dilaksanakan menggunakan platform Instagram antara akun KPKNL Metro
yang digunakan sebagai host dengan akun instgram narasumber/pembicara. Dialog dilakukan
secara langsung menggunakan fitur live instagram. Pemirsa live instagram dapat
langsung memberikan pertanyaan melalui kolom live chat dan langsung direspon
oleh pembicara/ narasum. Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya media penyajian
informasi, konsultasi dan sosialisasi terkait profil
dan pelayanan KPKNL Metro, diharapkan dapat menjadi sarana
pemasaran akan layanan, tugas dan fungsi, serta program KPKNL Metro maupun
DJKN. Selain itu pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan engagement dengan pengguna jasa maupun masyarakat
melalui bentuk komunikasi informal dan interaktif
5. Papan Monitor Integritas
Merupakan
papan monitor yang mengingatkan pegawai KPKNL Metro untuk melaksanakan
kewajibannya seperti kewajiban penilaian prilaku, SPT,ALPHA, LHKPN. dan
penyelesaian Dialog Kinerja Individu (DKI) dan Dialog Kinerja Organisasi (DKO),
Yang telah dilakukan oleh seluruh pegawai KPKNL Metro. Update data pada Papan Monitor Integritas
dapat dilakukan melalui link
bit.ly/PMIKPKNLMetro. Adapun tujuan dari pelaksanaan inovasi ini adalah penyelesaian
tanggung jawab pegawai menjadi lebih terpantau, sehingga bila ada pegawai yang belum menyelesaikan
sesama pegawai bisa saling mengingatkan.
Berbagai inovasi yang dibangun dan telah dilaksanakan oleh
KPKNL Metro merupakan upaya untuk terwujudnya pelayanan yang berkualitas bagi
para Pengguna Jasa. Pandemi Covid-19
memberikan motivasi lebih untuk berinovasi dalam meningkatkan pelayanan yang
responsif, efisien, dan efektif, sehingga pelayanan yang diberikan tetap maksimal dan berkualitas didalam
keterbatasan.