Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Artikel
Pesona Miniatur Candi Prambanan di Cakat Raya, Tulang Bawang
Desiana Wahyuningsih
Kamis, 24 Oktober 2019   |   8994 kali

Metro - Candi Prambanan selain ada di perbatasan Kabupaten Sleman dan Klaten juga dapat di temukan di Menggala tepatnya di komplek wisata Cakat Raya Menggala Jalan Lintas Sumatera di Desa Cakat Raya, Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulang Bawang. Candi Prambanan di Menggala merupakan miniatur dari candi Prambanan sesungguhnya karena ukurannya lebih kecil dari aslinya.


Wisata Cakat Raya ini sekitar 16 KM dari Kota Menggala  atau 124 Km dari Kota Bandarlampung. Dalam kawasan Cakat Raya ini berdiri miniatur bangunan adat dan suku yang tinggal di Tulang Bawang Lampung seperti beberapa rumah adat Jawa (Joglo), Batak (Batak Toba) dan juga rumah adat Sumatera Barat (Minangkabau). Karena konsepnya itu, kemudian orang menyebut kawasan wisata Cakat Raya ini dengan nama “Taman Mini Tulang Bawang


Kabupaten Tulang Bawang memang menjadi wilayah yang memiliki beranekaragam suku, hal ini karena Tulang Bawang adalah salah satu tujuan lokasi transmigrasi sehingga, pendatang pun banyak yang tinggal disini. Daerah Tulang Bawang semakin berkembang, sampai akhirnya di tahun 1997 secara administratif berdiri sendiri sebagai Kabupaten Tulang Bawang. Wujud penghargaan terhadap keberagaman tadi, dibangunlah kawasan wisata Cakat Raya yang berisi bangunan adat dari beberapa suku sebagai simbol penghargaan terhadap keberagaman yang ada di Tulang Bawang. Tak hanya spot bangunan rumah adat, di lokasi yang cukup tinggi dibandingkan lokasi sekitarnya, pengunjung dapat melihat pemaandangan yang menakjubkan. Hamparan rawa dan perkebunan hijau yang ada di Tulang Bawang nampak jelas terlihat.


Di komplek wisata Cakat Raya ini ini pengunjung bisa menyaksikan panorama keindahan Tulang Bawang. Setelah puas melihat pemandangan, pengunjung bisa melihat rumah adat yang bentuknya khas. Kemudian pengunjung bisa mengabadikan dirinya dengan latar belakang rumah adat yang khas tersebut. Kawula muda Tulang Bawang sudah lama menjadikan lokasi ini sebagai spot berswafoto karena lokasinya yang fotogenik. Dan Salah satu objek yang paling diburu adalah Miniatur Candi Prambanan yang ada di Cakat Raya. Candi dengan luas sekitar sembilan kali sepuluh meter ini dan tinggi sekitar 12 meter ini menjadi spot paling favorit untuk berfoto. Candi yang ikonik tersebut menghadap langsung ke Way (sungai) Tulang Bawang, sehingga panoramanya pun sangat menawan. Adanya candi ini juga menambah cantik komplek wisata ini. Kekhasan dan panorama yang disajikan di lokasi ini patut anda jadikan sebagai daftar kunjungan. Apalagi untuk anda yang hobi dengan swafoto atau fotograpi, lokasinya bisa dibilang sangat instagramable dan fotogenik.


Seiring berjalannya waktu Pesona Cakat Raya semakin memudar, menurut beberapa warga sekitar Cakat Raya. Saat ini sudah tidak terurus lagi, jumlah pengunjung semakin menurun, bahkan masyarakat sekitar yang berjualan untuk melayani para pengunjung di area lokasi tersebut sudah tidak terlihat lagi.


Dinas Pariwisata Kabupaten Tulangbawang belum melakukan pengelolaan Cakat Raya, karena hingga saat ini memang aset Cakat Raya belum diserahterimakan dari dinas PU kepada Dinas Pariwisata Tulang Bawang sehingga bangunan utama dan sarana prasarana pendukung yang sudah ada tidak terjaga. Selain itu masih terdapat sisa lahan yang digunakan dalam pembangunan Cakat Raya yang hingga saat ini belum terbayar. "Dari 12 hektare lahan yang digunakan untuk pembangunan Cakat Raya, sekitar 3 hektare lagi lahan milik masyarakat yang belum dibebaskan.  (Penulis Dwi Asmoro)


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini