Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Artikel
Metro Jong Festival, Upaya Memperingati Hari Sumpah Pemuda
Desiana Wahyuningsih
Jum'at, 18 Oktober 2019   |   1008 kali

Metro-Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang. Diantaranya dengan terus meningkatkan kreatifitas yang dapat diperkenalkan pada dunia guna memajukan negara Indonesia. Hindari hal-hal yang dapat merusak bangsa Indonesia, seperti penggunaan Narkoba. Sebagaimana diketahui belakangan ini marak terjadi penangkapan terhadap anak muda yang terjerat narkoba. BNN mengungkapkan bahwa penggunaan narkoba meningkat hingga dua kali lipat setiap tahunnya, bahkan Indonesia berada pada urutan keenam sebagai negara pengedar terbesar di dunia. Dan yang lebih memalukan adalah 27,32% dari kasus pengguna narkoba adalah pelajar dan mahasiswa, yang notabene mereka merupakan kalangan terpelajar.

Untuk mengurangi terjadinya hal tersebut, peran pemerintah sangat diperlukan. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar). Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Disporapar mengajak para pemuda-pemudi Kota Metro untuk bergabung dalam acara Metro Jong Festival. Dalam acara ini, Disporapar ingin anak muda menyalurkan kreativitas mereka guna meramaikan acara agar semakin menarik dan dapat mengundang banyak pengunjung baik dari dalam maupun luar Kota Metro.

Metro Jong Festival yang dilaksanakan di Lapangan Samber, Kota Metro, bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat anak muda agar dapat terus berkreasi dan memajukan perekonomian Kota Metro. Acara yang dibuka langsung oleh Walikota Metro, Achmad Pairin, ini dilaksanakan mulai tanggal 5 Oktober hingga 15 Oktober 2019. Terdapat berbagai macam rangkaian kegiatan yang disediakan pada Metro Jong Festival tahun ini, seperti pasar malam, reog ponorogo, tari gambyong, tarian khas papua, stand up comedy, sulap dan berbagai atraksi menarik lainnya. Masalah makanan pengunjung tidak perlu khawatir, karena di sini terdapat berbagai macam stand makanan yang disediakan untuk menemani pengunjung sembari menikmati berbagai rangkaian acara.

Sebagai puncak acara dan yang paling disambut meriah oleh warga adalah Karnaval Nusantara yang bertajuk Ethnic Carnaval yang dilaksanakan pada sabtu malam tanggal 12 Oktober 2019. Warga sekitar maupun luar Kota Metro begitu antusias menyaksikan pertunjukan yang sekaligus merupakan penutupan acara Metro Jong Festival ini. Mereka berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat terus rutin dilaksanakan setiap tahunnya, karena selain menjadi hiburan bagi warga, juga menjadi ajang menyalurkan kreativitas bagi para anak muda dalam mengisi waktu agar lebih bermanfaat. (Teks/foto:Nida/Lia)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini