Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Artikel
Mengenal Ikon dan Tempat Wisata Lampura
Basri
Rabu, 31 Juli 2019   |   12629 kali

Kabupaten Lampung Utara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung. Pada awalnya kabupaten Lampung Utara merupakan kabupaten terbesar di daerah lampung dengan luas 19.368,5 KM2, namun dikarenakan dilakukan pemekaran wilayah sebanyak 3 (tiga) kali, kini luas kabupaten Lampung Utara menjadi 2.765,63 KM2. Pemekaran pertama terjadi dengan terbentuknya Kabupaten Lampung Barat, pemekaran kedua terbentuk Kabupaten Tulang Bawang dan pemekaran ketiga terbentuk Kabupaten Way Kanan.  Saat ini terdapat 8 (delapan) kecamatan yang berada di Kabupaten Lampung Utara yakni Kotabumi, Abung Selatan, Abung Timur, Abung Barat, Sungkai Selatan, Sungkai Utara, Tanjung Raja dan Bukit Kemuning.

Kabupaten Lampung Utara memiliki ikon yaitu Tugu Payan Mas. Tugu ini terletak di Kotabumi atau lebih tepatnya berada di tengah perapatan Jalan Jenderal Soedirman. Kotabumi sendiri merupakan ibukota dari Kabupaten Lampung Utara. Tugu Payan Mas sebagai salah satu ikon favorit di kota ini dikarenakan bentuknya yang megah menyerupai tombak berwarna emas, hal ini senada dengan arti dari “Payan Mas” yaitu Tombak emas yang merupakan senjata asli masyarakat Lampung. Pada Tugu ini selain terdapat satu buah tiang yang menjulang tinggi menyerupai tombak, juga terdapat 9 payan (sejenis perisai)  yang mewakili 9 marga pepadun di Kabupaten Lampung Utara.

Disekitaran bundaran Tugu Payan Mas terdapat Taman Kota yang juga bisa dijadikan tempat berfoto. Pada taman ini juga terdapat aksara besar bertuliskan motto Kotabumi yakni “KOTABUMI BETTAH”. Kata BETTAH merupakan singkatan dari kata Bersih, Elok, Tentram, Taqwa, Aman, Hidup. Dengan keberadaan taman kota ini  memberikan keindahan dan juga menjaga agar kualitas udara di kotabumi tetap terjaga.

Selain Tugu Payan Mas dan Taman kota dengan aksara “KOTABUMI BETTAH”, masih banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi di Kabupaten Lampung Utara. Sebagian besar tempat wisata di Lampung Utara bertemakan air, seperti Bendungan Way Rarem, Bendungan Tirta Shinta, Curup Talang, Curup Indah Klawas dan Curup Waras. Kita dapat puas bermain air di tempat tersebut sembari melepas penat sehabis melakukan aktifitas yang melelahkan.

Banyaknya tempat wisata Kabupaten Lampung Utara diharapkan dapat menarik wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota. Dengan banyaknya wisatawan yang datang maka dapat meningkatkan kegiatan perekonomian warga sekitar, meskipun begitu diharapkan agar setiap wisatawan yang datang tetap menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan agar tempat wisata tersebut tidak hanya dapat dinikmati kita namun juga tetap dapat dinikmati oleh generasi setelah kita. (Teks/Gambar: Nida Tamami)


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini