KPKNL Metro
Artikel DJKN

PASAR SENJA, Tempat Berburu Sajian Buka Puasa di Kota Metro

Senin, 27 Mei 2019   |   0 kali

Metro – Marhaban ya Ramadhan, tidak terasa kita semua telah kembali memasuki bulan ramadhan. Di bulan yang penuh rahmat dan ampunan, seluruh masyarakat muslim memiliki kewajiban untuk menunaikan ibadah puasa. Seluruh muslim di dunia berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah di bulan yang istimewa ini. Selain berlomba untuk memperbanyak ibadah, salah satu hal yang menjadi ciri khas bulan ramadhan di Indonesia ini adalah kegiatan ngabuburit. Arti kata Ngabuburit sendiri tidak terdapat dalam KBBI, karena ternyata ngabuburit berasal dari bahasa sunda yaitu kata “Burit”. Kata “Burit” sering diucapkan oleh masyarakat Jawa Barat sejak zaman dahulu yang memiliki makna sebagai penanda waktu sore menjelang waktu berbuka puasa di bulan ramadhan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan masyarakat Indonesia saat ngabuburit adalah berburu makanan untuk berbuka puasa. Saat bulan ramadhan tiba, biasanya akan muncul banyak pedagang musiman yang menjual berbagai kudapan untuk berbuka puasa. Para pedagang tersebut berkumpul di satu tempat dan menjadi pasar dadakan. Menu berbuka puasa yang disajikan pun biasanya sangat beragam. Mulai dari berbagai jenis minuman, makanan ringan, hingga berbagai jenis lauk pauk.

Bagi anda yang tinggal atau sedang berkunjung ke Kota Metro dan bingung ke mana harus mencari makanan untuk berbuka puasa, anda dapat mengunjungi Lapangan Samber. Sejak beberapa tahun yang lalu Pemerintah kota Metro menggelar Pasar Senja yang terletak di Lapangan Samber. Pasar senja ini khusus diselenggarakan selama bulan Ramadhan. Dalam menyelenggarakan Pasar senja, Pemkot Metro menyediakan tenda yang dapat diisi oleh para pedagang. Lapangan Samber dipilih sebagai tempat pasar senja oleh penyelenggara dikarenakan lokasinya yang strategis yaitu berada di Pusat Kota. Selain itu, karena posisinya yang berada di lapangan dan tersedia lahan parkir yang memadai maka tidak menimbulkan kemacetan.

Bila di Jakarta anda familiar dengan pasar Benhil yang menyediakan begitu banyak ragam sajian berbuka puasa, maka Pasar Senja yang berada di Kota Metro ini khususnya di Lapangan Samber juga menyediakan begitu banyak sajian. Pedagang yang menjajakan pun beragam, mulai dari mereka yang memang sudah biasa berjualan hingga pedagang dadakan atau mereka yang hanya khusus berjualan di bulan Ramadhan saja. Ada pula anak-anak muda yang mencoba menyalurkan kreatifitas dan mengisi waktu kosong mereka dengan berjualan di pasar ini. Sajian yang dapat kita temukan di pasar ini mulai dari berbagai jenis minuman seperti es cincau, es sop buah, dan berbagai jenis kolak. Makanan yang disajikan pun tidak kalah beragam, mulai dari gorengan, pecel, aneka kue basah, hingga beragam sayur matang beserta lauk pauknya. Untuk harga anda tidak perlu khawatir, karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau. 

Dengan adanya pasar senja ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Mereka yang tidak memiliki penghasilan di hari biasa, kini memiliki tambahan penghasilan berkat berjualan di pasar senja. Selain menguntungkan para pedagang, pasar senja ini juga menguntungkan bagi para juru parkir, karena mereka yang datang ke pasar ini mayoritas membawa kendaraan pribadi. Selain itu, pengunjung juga turut diuntungkan karena mereka tidak perlu bingung kemana harus mencari sajian berbuka puasa karena dipasar ini semua sudah tersedia. Banyaknya pihak yang diuntungkan, diharapkan pasar senja ini akan terus berjalan setiap tahunnya dan bahkan dapat semakin berkembang.


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Pengumuman
Kontak
Jl A.H Nasution Nomor 116 Kota Metro
(0725) 48803
(0725) 48843
kpknlmetro@kemenkeu.go.id