Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Berita
Gelar Nonton Bareng, Pemerintah Ajak Berinvestasi ORI Seri Ke-25
Ronald Goodwidya
Senin, 05 Februari 2024   |   71 kali

KPKNL Mataram mendukung pelaksanaan sinemORI XXV Nonton Bareng Film Gampang Cuan dan Investasi ORI yang diselenggarakan oleh Direktorat Surat Utang Negara DJPPR Kementerian Keuangan pada hari Kamis, 01 Februari 2024 di Lombok Epicentrum Mall XXI - Mataram.

sinemORI XXV merupakan kegiatan nonton bareng Film Gampang Cuan sebagai salah satu sarana edukasi kepada masyarakat mengenai investasi Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI025T3 dan ORI025T6 serta upaya peningkatan literasi investasi kepada komunitas-komunitas yang ada di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

“Pemerintah punya instrumen yang membantu berinvestasi, namanya Surat Berharga Ritel (SBN),” kata Deni Ridwan selaku Direktur Surat Utang Negara membuka kegiatan nonton bareng.

ORI ini merupakan seri ke-25 yang diterbitkan Pemerintah dengan 2 pilihan jangka waktu, yaitu 3 tahun untuk ORI025T3 dan 6 tahun untuk ORI025T6. Keuntungan investasi pada ORI025T3 dan ORI025T6 adalah investasi aman dan terjamin, mempunyai potensial capital gain, mudah diperjualbelikan, kupon bunga obligasi yang lebih tinggi dari rata-rata suku bunga deposito bank BUMN, bersifat tetap dan dibayarkan tepat waktu setiap bulan, mudah dan transparan. Berinvestasi melalui ORI juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi langsung dalam pembangunan, “Selain kita mendapatkan cuan, kita ikut serta juga berpartisipasi dalam pembangunan,” kata Deni Ridwan. Pajak atas penghasilan bunga obligasi juga menarik, dari yang sebelumnya 15% diturunkan menjadi 10%.

Nonton bareng ini berlanjut dengan talkshow bersama Rahabi Mandra (Sutradara Film Gampang Cuan) dan Chandra Wibowo (Kasubdit Pengembangan dan Pendalaman Pasar SUN) dengan dipandu oleh Sinta Sukma Dewi Tyas Putri.

Rahabi Mandra menyampaikan bahwa industri perfilman di Indonesia masih kurang dalam mengangkat tema keuangan. “Film-film Indonesia yang ada sekarang ini seputar drama percintaan, jarang yang mengangkat tentang literasi keuangan. Ini juga yang melatarbelakangi film Gampang Cuan,” kata Rahabi Mandra.

Dalam pengelolaan keuangan diperlukan kecermatan, “Berbicara pengelolaan keuangan, berarti harus ada uangnya, caranya, kerja. Setelah itu yang harus kita atur adalah belanja. Belanja ini harus benar-benar kita hitung dengan cermat dan bisa bedakan, mana yang kebutuhan, mana yang keinginan. Atur belanja dengan baik, sesuaikan dengan kebutuhan,” pesan Chandra Wibowo.

Film Gampang Cuan diproduksi pada tahun 2023 dengan dibintangi oleh Vino G. Bastian, Anya Geraldine, Meriam Bellina Ferry Salim, dan Augie Fantinus.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini