Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Berita
KPKNL MATARAM BEKERJASAMA DENGAN MGPA MELELANG OFFICIAL MERCHANDISE MOTOGP 2023 BERTANDA TANGAN RIDERS
Rahmadhani Puspa Dewi
Senin, 23 Oktober 2023   |   58 kali

Lombok, 15 Oktober 2023 - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram yang merupakan kantor vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) melelang Official Merchandise dan produk UMKM yang ditandatangani para pembalap yang berlaga pada MotoGP Mandalika 2023 atau publik figur yang hadir. Kegiatan lelang amal ini dilaksanakan di Deluxe Class Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok pada tanggal 15 Oktober 2023 bersamaan dengan Perhelatan MotoGP Mandalika 2023.

Pada kesempatan kali ini, lelang amal dilakukan secara konvensional yang mana hanya penonton yang berada di Deluxe Class dan Royale Box Sirkuit Internasional Mandalika yang dapat mengikuti lelang dan pelaksanaan lelang ini disiarkan secara langsung melalui siaran langsung Youtube KPKNL MATARAM dan siaran langsung Instagram @kpknlmataram serta @themandalikagp. Namun di kesempatan lain akan ada beberapa Official Merchandise MotoGP yang ditandatangani para riders juga dilelang secara online melalui www.lelang.go.id sehingga semua orang tetap berkesempatan untuk ikut dan memenangkan official merchandise motogp.

Official Merchandise MotoGP by Nevertoolavish yang ditandatangani para riders yang dilelang antara lain terdiri dari satu buah jaket bomber bertanda tangan Maverick Vinales, satu buah jaket bomber bertanda tangan Marco Bezzecchi, satu buah jaket varsity bertanda tangan Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo, satu buah jaket coach bertanda tangan Joan Mir dan Pecco Bagnaia. Adapun produk UMKM yang ditandatangani para riders berupa jaket tenun Allea’s Men Wear bertanda tangan Aleix Espargaro, Marco Bezzecchi, Fabio Quartararo, Joan Mir dan Pecco Bagnaia. Sedangkan produk UMKM lainnya yang juga dilelang yaitu satu buah Unique Handcraft dengan material kulit kerang laut dihiasi mutiara laut.

Dalam lelang ini barang yang terjual sebanyak enam lot dengan kata lain keseluruhan barang yang dilelang laku. Harga jual lelang yang terbentuk terjadi kenaikan sebanyak 130% dari nilai limit. Persentase penawaran tertinggi Official Merchandise MotoGP dilakukan oleh Bapak Mas’ud Effendi yaitu sebesar 175 persen dari nilai limit. Sedangkan persentase penawaran tertinggi Barang UMKM Lombok dilakukan oleh Bapak Ferdian Timur Satyagraha yaitu sebesar 300 persen dari nilai limit.

Khusus lelang Official Merchandise MotoGP, hasil bersih lelang sepenuhnya diserahkan kepada MGPA yang merupakan cucu usaha dari PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Selanjutnya MGPA akan menyalurkan hasil lelang ini dalam kegiatan-kegiatan amal melalui program CSR ITDC.

Sedangkan, untuk objek lelang UMKM yang dijadikan amal adalah selisih antara nilai limit dengan hasil bersih lelang. Sedangkan penjual tetap akan memperoleh uang penjualan seharga nilai limit berapapun harga lelang yang terbentuk. Selisih harga akan disumbangkan untuk amal melalui lembaga amal yang kompeten.

Sebelum pelaksanaan lelang terdapat pertunjukan parade oleh para model dan pegawai Kemenkeu Satu dengan menampilkan barang-barang yang akan dilelang, sehingga penonton akan tahu dan antusias mengikuti lelang yg akan dilaksanakan.

Kegiatan Lelang Amal ini diharapkan dapat mengkampanyekan nilai-nilai bangsa yang dan falsafah pancasila yang berupaya memenuhi hak atas kebutuhan dasar warga negara demi tercapainya kesejahteraan sosial, dengan menyelenggarakan pelayanan dan pengembangan kesejahteraan sosial secara terencana, terarah, dan berkelanjutan. Dengan mendukung UMKM maka cita-cita keadilan sosial dengan mengurangi ketimpangan ekonomi di Indonesia bisa diatasi. Selain itu diharapkan kegiatan ini menjadi ciri khas sekaligus pembeda kegiatan motoGP di sirkuit mandalika dengan sirkuit lainnya. Sekaligus diharapkan ada sumbangan Official Merchandise MotoGP lainnya yang bisa di lelang pada kesempatan lain.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini