Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Berita
Focus Group Discussion KPKNL Mataram : Menuju Kemenkeu Government 4.0
Nur Fallah Al Amin . S
Senin, 04 Oktober 2021   |   139 kali

 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Menuju Kemenkeu Government 4.0” yang dilaksanakan secara virtual melalui media video conference dan dihadiri oleh seluruh jajaran pegawai KPKNL Mataram pada Senin (13/9). FGD ini merupakan implementasi dari Surat Edaran Menteri Keuangan nomor SE-3/MK/2020 tentang Pelaksanaan Focus Group Discussion di Lingkungan Kementerian Keuangan dan nota dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara nomor ND-3224/KN.1/2021 hal Pelaksanaan Preliminary FGD dan FGD Pejabat Administrator Triwulan III Tahun 2021.

Dalam kesempatan ini, Hendra Zulkarnain selaku Pejabat Administrator pada KPKNL Mataram yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut mengawali paparannya dengan menyampaikan materi tentang Ruang Kerja Masa Depan Kementerian Keuangan dengan terlebih dahulu menunjukkan statistik SDM Kementerian Keuangan yang mayoritas pegawainya adalah Gen Y dan Gen Z yang berkarakter melek teknologi, terbuka terhadap perubahan, dan cepat belajar. Lebih lanjut, Hendra menerangkan hal-hal utama yang perlu ditransformasikan dalam rangka mengimplementasikan ruang kerja masa depan, prinsip dasar ruang kerja masa depan, hingga alur kerja project berdasarkan ruang kerja masa dengap dengan memanfaatkan informasi dan teknologi sebagai enabler.

Memasuki sesi selanjutnya, Hendra menyampaikan materi tentang Mencapai Kemenkeu Unggul dengan Learning Organization. Sejak tahun 2017, Kementerian Keuangan menerapkan strategi pembelajaran Kemenkeu Corporate University sebagai motor penggerak terwujudnya Kementerian Keuangan sebagai Learning Organization. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Keuangan, Sri Mulyani agar pegawai Kementerian Keuangan tidak boleh menjadi orang yang berhenti belajar, selalu haus pengetahuan, haus informasi, dan haus ilmu, untuk kemudian diletakkan di dalam konteks Kementerian Keuangan.

Pada sesi terakhir, Hendra menerangkan Kerangka Kerja Integritas Kementerian Keuangan yang merupakan sebuah kerangka (framework) yang sistematis dan komprehensif dalam rangka meningkatkan integritas dan mencegah korupsi sebagai acuan bagi pimpinan dan pegawai dalam rangka membangun budaya integritas, sistem pencegahan dan penindakan yang terintegrasi.

Acara dilanjutkan dengan diskusi aktif antara peserta FGD dengan narasumber. Dalam diskusi tersebut, para pegawai membahas peran-peran yang dapat dilakukan oleh segenap jajaran pegawai KPKNL Mataram dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk menyambut Kemenkeu Government 4.0.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini