Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Artikel
Tiga Tips Ini Akan Mempercepat Aktivitas Kita di Google Chrome
Nur Fallah Al Amin . S
Jum'at, 20 Januari 2023   |   256 kali

1. Masih sering mengetik www.?

Tahukah Anda bahwa sebagian besar browser, terutama browser dengan pengguna terbanyak seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan Microsoft Edge telah memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk dapat membuka suatu laman tanpa mengetik www.?

Contohnya, ketika kita ingin membuka Office 365 melalui laman www.office.com, kita tidak perlu lagi mengetik secara lengkap, cukup ketik “office.com” dan tekan Enter, maka laman Office 365 akan terbuka.

Atau jika ingin lebih simpel, cukup ketik “office” lalu tekan Ctrl + E, kita akan langsung diarahkan menuju laman www.office.com.

 

2. Pin Tab, sudah kenalan?
Bagi pegawai Kementerian Keuangan, tentunya kita tidak akan lepas dari laman/website Satu Kemenkeu dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Dan kedepan, kita juga tidak akan lepas dari Microsoft Teams sebagai collaboration tools dalam menunjang pekerjaan kita. Otomatis, dua laman ini akan kita butuhkan setiap hari kan? 

Bagaimana caranya agar dua laman ini selalu muncul saat kita membuka browser tanpa harus mengetik lagi url laman tersebut? Jawabannya adalah Pin Tab.

Pin Tab digunakan saat kita ingin laman tertentu untuk selalu ditampilkan di browser kita. Jadi, setiap kita membuka browser, laman tersebut akan selalu muncul. Caranya?

Buka laman yang kita tuju, contohnya laman satu.kemenkeu.go.id, lalu klik kanan tab tersebut, lalu klik Pin. 
Maka laman tersebut akan otomatis muncul setiap kita membuka browser. 


3. Alamat e-mail terlalu panjang untuk diketik lengkap
Saat login ke melalui Gmail, kita selalu diminta untuk mengisi alamat email dan password yang kita miliki.

Jika kita menggunakan email yang disediakan Google, yaitu Gmail, kita tidak perlu mencantumkan alamat email kita secara lengkap. Cukup cantumkan nama unik email kita tanpa perlu menambahkan “@gmail.com” seperti contoh dibawah ini :


Itulah tiga tips yang akan mempercepat aktivitas kita di Google Chrome, penulis hanya menyampaikan tiga tips tersebut karena semakin banyak tips yang dibagikan, semakin banyak pula tips yang akan dilupakan :))


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini