Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
Penggalian Potensi Lelang di PT. Pegadaian (Persero) Tbk. Kantor Cabang Tomohon dan Kantor Cabang Langowan
Andhi Rifqi Mubarok
Rabu, 10 Mei 2023   |   484 kali

Manado (10/05), Tim lapangan dari KPKNL Manado yang digawangi oleh Pelelang Ahli Muda, Iwan Susanto bersama rombongan yang terdiri dari Kasubag Umum KPKNL Manado dan anggota melaksanakan survei lapangan dan koordinasi terkait penggalian potensi lelang di PT. Pegadaian (Persero) Tbk. Kantor Cabang Tomohon dan Langowan.

Misi utama tim dalam pelaksanaan survei adalah untuk mengetahui perolehan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) lelang dari wilayah kerja Pegadaian khususnya kantor cabang Kota Tomohon dan Langowan pada Triwulan I serta memetakan potensi penerimaan sampai dengan tutup buku 2023 tahun ini.

Iwan mengungkapkan bahwa PNBP lelang pegadaian menjadi salah satu target capaian tahunan yang diberikan oleh Kementerian Keuangan c.q. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kepada KPKNL sebagai kantor teknis dibawahnya.  

Ditemui di ruangan kantornya, Marcel Mokiwang, selaku Pimpinan Cabang Kantor Pegadaian Langowan, mengungkapkan bahwa Pegadaian memiliki sistem lelang yang berbeda dengan lelang Barang Milik Negara/Daerah (BMN/D) ataupun lelang Hak Tanggungan yang melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Pegadaian memiliki kewenangan untuk melaksanakan lelangnya sendiri dengan sistem etalase yang dipajang di Kantor Pegadaian sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat memilih dan mengikuti lelang sesuai barang yang diinginkan langsung di Pegadaian tersebut dan pelaksanaannya setiap hari serta di jam kerja.

Selain itu, Kantor Pegadaian memiliki prinsip untuk meminimalisir terjadinya lelang barang nasabah. Pencapaian tugas dan fungsi pegadaian akan mencapai target bagus apabila dalam pelaksanaan tugasnya mampu meminimalisir barang yang dilelang milik nasabahnya. “Pinjaman yang dapat diberikan pegadaian kepada nasabah yaitu sampai dengan Rp.200.000.000,00”, tambah Marcel.

Christian Kumaat selaku Pimpinan Cabang Kantor Pegadaian Kota Tomohon juga meng-amin-kan pernyataan Marcel bahwa PT. Pegadaian (Persero) meminimalisir barang jaminan nasabah yang dilelang.

Pelaksanaan survei dan koordinasi lapangan oleh Tim KPKNL Manado ditutup dengan kampanye KPKNL Manado yang sedang mewujudkan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM). KPKNL Manado berkomitmen untuk senantiasa Bersih, Cepat, Humanis, dan Nyaman (Bercahaya) dalam memberikan layanan terbaik kepada pengguna jasa sesuai dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan dan core value ASN Berakhlak.  

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Bethesda No. 6-8 Gedung Keuangan negara Lt. 4 Manado - 95114
(0431) 860255
(0431) 860255
kpknlmanado@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini