Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
Pengukuran Tanah dan Bangunan Gedung Pengadilan Negeri Airmadidi
Andhi Rifqi Mubarok
Rabu, 22 Februari 2023   |   83 kali

Manado (21/02) – Pelaksanaan kegiatan implementasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor: 172/PMK.06/2020 tentang Standar Barang dan Standar Kebutuhan Barang Milik Negara (SBSK BMN) dilakukan oleh tim survei dari Seksi Pengelolaan Kekakayaan Negara (PKN) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado ke Satuan Kerja Kantor Pengadilan Negeri (PN) Airmadidi.

Tim survei KPKNL Manado Sanggul Siahaan dan Wisnu Hilmas ditemani oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan PN Airmadidi, Anggi Cicilia W. Wagiran, melaksanakan pengukuran setiap ruangan Gedung perkantoran PN Airmadidi.

“Kami senang dengan adanya pengukuran dan hasil data yang diperoleh dari pengelola BMN dalam hal ini KPKNL, dapat memudahkan dalam mengelola dan menggunakan aset-aset kami kedepannya”, ujarnya.

Sanggul mengiyakan dengan menambahkan bahwa hasil pengukuran tanah dan bangunan (gedung) akan dicatat dalam aplikasi SBSK dan laporan SBSK yang hasilnya akan diolah oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sebagai pengelola BMN untuk kemudian dikoordinasikan dengan Kementerian Pusat sebagai pengguna BMN terkait pengelolaan aset BMN nantinya.

Sebagai tambahan informasi, pengukuran ini juga dilakukan untuk mengetahui utilisasi pengelolaan BMN sesuai dengan potensi terbaiknya atau highest and best use principle (HBU). Pengukuran tersebut untuk mengetahui apakah bangunan telah sesuai dengan standarisasi, kurang dari standarisasi, atau melebihi standarisasi. KPKNL Manado di tahun 2023 memiliki target penyelesaian SBSK pengukuran sebesar 1183 NUP dan SBSK optimalisasi sebesar 952 NUP. Hasil pengukuran tersebut akan mendukung optimalnya pengelolaan aset BMN sehingga peruntukannya diharapkan dapat memberikan nilai tambah terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Bethesda No. 6-8 Gedung Keuangan negara Lt. 4 Manado - 95114
(0431) 860255
(0431) 860255
kpknlmanado@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini