Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
Upaya Meraih Predikat WBBM, KPKNL Manado lakukan Studi Banding ke KPP Kotamobagu
Andhi Rifqi Mubarok
Kamis, 09 Juni 2022   |   197 kali

Manado (09/06/22) – Dalam upaya Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado meraih predikat Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM) menurunkan tim untuk melakukan Studi Banding ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Kotamobagu yang pada tahun 2021 lalu meraih predikat WBBM. Tujuan penurunan tim ini tidak lepas dari pembangunan island of integrity pada instansi pemerintah yang telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) untuk membangun lingkungan kerja yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Tim KPKNL Manado yang dipimpin oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal Ari Susanto dan Kepala Seksi Hukum dan Informasi Muh. Syaiful L. disambut langsung oleh Kepala KPP Kotamobagu Andhik Tri Indratama, kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal Yusuf Riza, dan Kepala Seksi Pelayanan, serta beberapa staff yang turut serta dalam pembangunan WBBM di KPP Kotamobagu.

Sebagai pembuka, ketua tim KPKNL Manado Ari Susanto menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya ke KPP Kotamobagu kepada Kepala KPP Kotamobagu Andhik Tri Indratama,

“Mohon ijin bapak kepala KPP Kotamobagu, dalam rangka usaha kami meraih predikat WBBM di tahun 2023, kami dan tim bermaksud untuk melakukan studi banding secara langsung dengan tujuan agar KPP Kotamobagu ini memberikan insight baru kepada kami dalam hal tips apa saja dan bentuk pelayanan kepada stakeholder maupun internal kantor yang menjadikan KPP Kotamobagu berhasil meraih predikat WBBM pada tahun 2021 lalu,” ujar Ari.

“Sebagai kantor yang baru akan diusulkan dalam WBBM di tahun 2022 ini, kami masih sangat membutuhkan ilmu serta pandangan baru terkait pemenuhan dokumen maupun layanan kepada stakeholder agar WBBM ini dapat kami capai sebagai bentuk pelayanan terbaik kami kepada masyarakat,” tambahnya.

Ditemui tim di ruang rapatnya, Kepala KPP Kotamobagu Andhik Tri Indratama menyambut baik niat dan tujuan tim KPKNL Manado yang antusias dan semangat dalam proses meraih predikat WBBM tersebut.

“Kami ucapkan selamat datang dan kami sangat senang dan menyambut baik kedatangan tim KPKNL Manado yang dengan semangat mencari insight baru di KPP Kotamobagu ini sebagai bagian dari proses KPKNL untuk meraih predikat WBBM di tahun 2023, tentunya kami dalam usaha meraih predikat WBBM ini juga melalui langkah dan proses yang sangat panjang dari tahun 2017 memulai pencanangan WBK, tahun 2018 meraih predikat WBK, tahun 2019 diusulkan WBBM namun belum lolos, kemudian tahun 2020 diusulkan kembali WBBM dan belum lolos, dan yang terakhir di tahun 2021 ini kami baru lolos memperoleh predikat WBBM,” kata Andhik.

“Artinya dalam usaha kami meraih predikat WBBM tersebut sangatlah panjang dan diperlukan konsistensi serta semangat yang terus dipupuk sampai boleh dikatakan sampai pada titik jenuh kami pada waktu itu, tapi semua itu berbuah manis pada akhirnya dan mencapai hasil yang boleh dikatakan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri karena proses yang telah kami lalui tersebut,” tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, KPKNL Manado telah diusulkan untuk WBBM pada tahun 2022 ini yang sebelumnya telah meraih predikat WBK di tahun 2021 dengan pencanangan di tahun 2020. Sesuai pesan kepala KPP Kotamobagu bahwa untuk menciptakan island of integrity, maka salah satu upaya yang dilakukan adalah mengajak dan memberikan sosialisasi tentang pentingnya instansi pemerintah yang bersih dan melayani. Sebagai abdi negara dan perpanjangan tangan pemerintah, maka pelayanan terhadap masyarakat harus lebih diutamakan dan memberikan yang terbaik serta integritas harus selalu dikedepankan.

Sebagai penutup, tim KPKNL Manado diberikan kesempatan untuk berkeliling dan melihat budaya internalisasi KPP Kotamobagu serta diberikan pandangan-pandangan baru dalam hal pelayanan serta budaya kerja yang diterapkan oleh KPP Kotamobagu. Tak lupa, tim KPKNL juga diberikan asistensi serta bimbingan dari tim WBBM KPP Kotamobagu dan ditutup dengan acara foto dan ramah tamah bersama.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini