Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Artikel
Power Nap: Meningkatkan Produktifitas Pekerjaan Dengan Tidur
Yosep Peniel Batubara
Minggu, 28 Maret 2021   |   1461 kali


source: https://www.sleepcycle.com/



Power Nap atau tidur singkat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan fungsi otak dan menjaga stamina. Hal ini didukung oleh Dr. Michael Grandner, Direktur dari Sleep and Health Research Program di University of Arizona, Tucson. "Power Nap, antara 15 dan 45 menit, dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi kelelahan sepanjang hari" ujarnya. Power nap sebenarnya merupakan hal yang awam dan sudah banyak dipraktikkan di berbagai perusahaan besar di dunia seperti Google, Nike, hingga NASA. Bahkan Power nap sudah menjadi trend atau kultur di kota-kota besar di Jepang, sampai-sampai mendapatkan istilahnya sendiri yakni Inemuri. Namun yang perlu diperhatikan adalah tidur siang tersebut tidak lebih dari 1 (satu) jam karena dapat mengakibatkan kelelahan dan kebingungan setelah bangun.

 

Secara singkat berikut manfaat dari Power Nap:

  1. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang kreatif dan logis
  2. Meningkatkan kapasitas untuk belajar
  3. Meningkatkan kapasitas kemampuan untuk mengingat informasi
  4. Menjaga stamina sepanjang hari
  5. Mengurangi stress dan menjaga suasana hati
  6. Mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung
  7. Mengurangi risiko membuat kesalahan dalam pekerjaan

 

source: https://ylmsportscience.com/


Hal menarik lainnya perbandingan antara Power nap dan kopi terhadap produktivitas. Menurut Sara C. Mednick Phd., seorang ahli dan penulis buku "Take a Nap! Change Your life", manfaat tidur siang melebihi dari manfaat minum kopi, sebab kafein dapat menurunkan kinerja memori. Sehingga memang kita merasa lebih semangat, namun kita cenderung membuat lebih banyak kesalahan.

 

Dalam melakukan Power nap perlu memperhatikan beberapa hal untuk mengoptimalisasi tidur siang. Para ahli menyarankan untuk melakukan power nap secara teratur setiap hari untuk melatih badan dan pikiran supaya tidur mudah di waktu tersebut. Para ahli menyarankan untuk tidur di antara jam 1 sampai 3 siang (jangan lupa untuk pasang alarm!). Kemudian dalam melakukan Power nap, pilihlah lokasi yang memadai untuk beristirahat seperti lingkungan yang sunyi, gelap, dan sejuk. Terakhir, biasanya masih banyak orang yang masih mengalami kesusahan sebelum melakukan Power nap, apalagi membuatnya menjadi suatu rutinitas. Oleh karena itu, baiknya melatih pernapasan dan mencoba untuk relaks, nantinya kita akan merasa terlelap.

 

Selain manfaat dari Power nap, kita juga perlu mengetahui dampak buruk dari power nap. Sebuah studi tahun 2019 di jurnal medis Inggris "Heart", meneliti Power nap yang dilakukan oleh 3.500 responden selama lima tahun dan menemukan bahwa yang melakukan Power nap selama sekali atau dua kali dalam seminggu, memiliki kemungkinan 48% lebih kecil untuk memiliki penyakit kardiovaskular dibandingkan responden yang tidak melakukan power nap. Namun sebaliknya, meta-analisis dari 11 penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Sleep" pada tahun 2015 menunjukkan orang yang tidur siang selama satu jam atau lebih dalam sehari malah memiliki tingkat penyakit kardiovaskular 1,82 kali lipat dibandingkan orang yang tidak tidur siang. Dr. Grandner memberikan pesan juga untuk berhati-hati pada kondisi medis kita, dengan menanyakan alasan mengapa kita melakukan tidur siang, "apabila anda tidur siang/power nap karena membantu produktivitas di sepanjang hari, itu mungkin hal yang baik, tapi jika tidur siang karena tidak bisa menahan kantuk, itu pertanda ada masalah kesehatan yang mendasarinya."

 

Jadi Power nap memang dapat memberikan dampak yang hebat terhadap kesehatan baik secara fisik dan mental jika dilakukan dengan benar. Namun, apabila tidak dilakukan dengan benar, seperti tidur siang lebih dari 45 menit sampai 90 menit dan tidak teratur, maka akan lebih banyak dampak buruk daripada dampak baik. Ingat, Power nap digunakan untuk meningkatkan produktivitas bagi pekerjaan, jangan kebablasan atau bahkan dijadikan alasan untuk menunda pekerjaan.

"with great power comes a great responsibility" - Uncle Ben, Spiderman 


Disusun oleh
Yosep P. B (Seksi HI KPKNL Manado)


Sumber literatur:

www.sleepadvisor.org

www.Verywellmind.com

www.webmd.com

www.sleepfoundation.org

www.verywellmind.com

www.inc.com


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini