Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Artikel
New Year, New Me, New Work Desk
Yosep Peniel Batubara
Selasa, 05 Januari 2021   |   1263 kali

Halo SobatkaeN!

New Year New Me”, mungkin itu istilah yang sering kita dengar di tiap awal tahun oleh orang-orang terdekat kita dan mungkin juga oleh SobatKaeN sendiri. Selain pengembangan pribadi secara fisik dan psikis, ada juga loh yang bisa diperbaharui, yaitu meja komputer atau meja kerja kita!


Meja komputer atau meja kerja (kedepannya akan ditulis meja kerja) menjadi salah satu tempat yang paling lama kita habiskan tiap harinya. Oleh karena itu, meja kerja mempunyai kontribusi terhadap semangat kerja kita. Meja kerja yang berantakan tentu membuat semangat kerja menurun, dan meja kerja yang rapih menimbulkan semangat kerja. Mendekorasi meja kerja memang bukan kegiatan yang awam dilakukan oleh pekerja pada umumnya, namun cobalah mendekor atau setidaknya merapikan meja kerja anda dan nikmati dampak yang dihasilkan untuk produktivitas SobatKaen. Berikut merupakan masukan yang dapat diimplementasikan di meja kantor atau bahkan meja komputer di rumah anda:

  1. Tanaman Segar

Efek yang dapat diberikan dengan adanya warna hijau pada meja kerja akan memberikan dampak yang signifikan terhadap keindahan meja. Selain menambah nilai estetika, tanaman kecil segar juga dapat mengurangi polusi udara dan membuat pikiran SobatKaeN lebih jernih dan dapat bekerja lebih optimal (kalau tidak percaya, coba perhatikan dampak dari tanaman terhadap estetika meja kerja di berbagai ilustrasi gambar di artikel ini)


        2. Keyboard dan Mouse Wireless

Mouse Wireless memang sudah awam digunakan oleh kita, tetapi Keyboard Wireless? Memang tidak begitu banyak orang yang memakai keyboard wireless, tetapi kemudahan dan ergonomics yang diberikan oleh Keyboard Wireless akan membuat produktivitas meningkat. Beberapa Keyboard Wireless dapat dihubungkan ke dua atau tiga perangkat sekaligus, seperti pada laptop, hp dan tablet anda secara sekaligus dan tinggal menekan key tertentu untuk mengganti perangkat. Kemudahan dan keindahan yang ditawarkan oleh perangkat-perangkat wireless ini tentu worth dengan biaya yang perlu dikeluarkan.


3. Kurangi Hiasan Work Desk

Judul dari artikel ini memang mendekor meja kerja Anda, tetapi bukan berarti dekorasi yang penuh dan berbagai macam warna dapat membuat meja kerja terasa sumpek dan membuat pikiran terasa jenuh. Dekorasi memang perlu untuk menambah nilai estetika meja kerja, namun cukup 3 sampai 5 dekorasi saja, seperti bingkai foto, action figure, dan bahkan tanaman kecil. Penulis menyarankan SobatKaeN mencari referensi dengan keyword minimalism work desk. Remember, Minimalism is the K E Y.


        4. Manajemen Kabel

Komputer atau laptop kantor yang banyak menggunakan kabel di atas  meja, seperti kabel LAN untuk internet, kabel charger, kabel mouse, dan kabel lainnya membuat meja kerja menjadi semakin berantakan dan terkesan penuh sehingga membuat tidak nyaman dalam bekerja. Di sinilah letak pentingnya alat-alat manajemen kabel yang dapat membuat kabel tertata rapih dan menjadi estetik.


5. Wallpaper dan Lampu Meja

Kedua benda tersebut mungkin lebih cocok untuk jadi hiasan meja kerja di rumah, namun jika memungkinkan, tidak ada salahnya apabila meja di kantor juga dihiasi dengan lampu meja atau wallpaper. Wallpaper berwarna kontras atau senada dengan meja dapat menciptakan kesan elegan dan menekankan rasa nyaman bekerja disekitar meja kerja. Selain itu, selain berfungsi untuk menerangi meja saat lembur, lampu hias juga dapat menambah nilai estetika, sehingga SobatKaeN dapat lebih nyaman lagi bekerja di meja kerja.


Nah, semoga saran-saran tersebut dapat berguna buat SobatKaeN untuk mendekorasi meja kerja dan yang memiliki resolusi “New Year New Me” semoga dapat terealisasikan dengan baik.


Penulis: Yosep B. (KPKNL Manado)

credit image: pinterest

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini