Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Artikel
Software Pilihan Untuk Memudahkan User Experience Anda!
Yosep Peniel Batubara
Rabu, 02 September 2020   |   716 kali

Apakah anda seringkali kesal dengan iklan yang muncul di tiap laman website yang anda buka? melihat video bagus di Youtube dan ingin mengunduhnya namun bingung bagaimana caranya? atau mungkin laptop yang anda gunakan terasa lambat dan anda ingin mengoptimalkannya? Berikut merupakan software yang dapat kita install untuk memudahkan user experience dan juga menyehatkan laptop kita. Penulis akan mengurutkan software tersebut dari yang paling penting menuju yang sebaiknya di-install!

1. AdBlock

Bagi kita yang ingin melihat konten tanpa terganggu dengan adanya iklan pop-up (iklan yang muncul dengan browser baru ataupun tab baru), Adblock merupakan solusi ampuh bagi masalah tersebut. Adblock merupakan extension pada browser kita yang bekerja dengan memblokir ataupun menyembunyikan konten iklan tersebut.


Sumber: getadblock.com

 

Cara install-nya mudah, apabila anda merupakan pengguna Chrome, anda dapat menekan tiga titik pada pojok kanan atas, kemudian klik “more tools” lalu “extensions”. Setelah anda diarahkan pada laman baru, klik tiga garis pada pojok kiri atas dan klik “Open Chrome Web Store”, anda akan diarahkan pada laman store milik Chrome, pada kotak “search” isilah dengan AdBlock, kemudian pilih salah satu dari pilihannya dan install

 

Maka Adblock tersebut sudah ter-install pada browser anda dan anda dapat berselancar dengan tenang tanpa muncul iklan yang mengganggu dan dapat membawa virus pada laptop anda!

Fyi adblock juga menghalangi iklan yang ada di youtube loh!

2. Internet Download Manager (IDM)

Bagi kita yang sering merasa kecepatan mengunduh terasa lambat wajib install software ini! Software ini dapat memaksimalkan penggunaan bandwith secara penuh, sehingga IDM ini bisa meningkatkan kecepatan download sampai 5x lipat! selain itu IDM juga mampu memulihkan dan melanjutkan unduhan yang terputus karena koneksi yang bermasalah ataupun saat listrik mati.

 

Sumber: review.bukalapak.com

 

Penggunaan IDM pun sangat mudah, saat selesai di-install maka tinggal menambahkan extension IDM pada browser yang digunakan (cara sama seperti meng-install AdBlock) maka IDM akan bekerja secara otomatis. Tampilan IDM yang simple akan memudahkan kita untuk melihat history unduhan yang sudah selesai dan melanjutkan unduhan yang kita berhentikan sementara atau yang sempat terputus. Salah satu kegunaan yang paling apik adalah IDM memudahkan kita untuk mengunduh video yang sedang kita putar di sebagian besar website yang ada, ya itu termasuk youtube. 

3. SMADAV

Antivirus yang dikembangkan oleh anak bangsa ini merupakan antivirus yang di-desain sebagai proteksi tambahan bagi komputer. Antivirus ini juga telah memiliki reputasi yang baik di kalangan antivirus lainnya. Lalu, mengapa perlu menginstall SMADAV?

  1. SMADAV di-desain sebagai proteksi tambahan bagi komputer, artinya, antivirus ini bekerja dengan baik dengan antivirus utama pada computer anda. SMADAV memiliki caranya sendiri dalam mendeteksi dan membersihkan virus dalam computer, sehingga akan lebih meningkatkan keamanan di komputer tersebut;
  2. SMADAV memiliki teknologi khusus untuk pencegahan virus yang menyebar melalui USB Flashdisk. Dengan library yang cukup besar terkait signature virus yang menginfeksi flashdisk, maka SMADAV bukan hanya dapat mencegah virus masuk, namun juga mampu membersihkan virus yang menginfeksi dan mengembalikan file yang disembunyikan virus di USB Flashdisk tersebut;
  3. SMADAV merupakan antivirus yang memiliki ukuran sangat kecil (dibawah 10 Mb), sehingga SMADAV hanya menggunakan sumber daya dan memori yang sedikit dan tidak akan mempengaruhi fungsi komputer;
  4. SMADAV bukan hanya dapat membersihkan virus pada computer, namun juga dapat memperbaiki registry yang sudah dirusak/diubah oleh virus; dan
  5. GRATIS! SMADAV dapat digunakan dalam versi gratis dan sudah bekerja dengan baik.

Sumber: jeripurba.com


4. CCleaner

Bagi kita yang telah menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, tanpa sadar kita memiliki banyak junk files (file sampah) yang tersimpan di berbagai tempat di komputer kita, apalagi apabila kita tidak sering membersihkan recycle bin laptop kita. Ditambah lagi, sebenarnya penggunaan kita dalam browser memakan space di hard disk kita dalam bentuk cache, seperti cookies, history, dan temporary internet file. Software ini dapat membersihkan files tersebut dengan mudah dan cepat! Bukan hanya itu saja, software ini juga dapat mengoptimalkan laptop melalui pembersihan registry. 

Sumber: ccleaner.com

 

Software ini memiliki ukuran yang kecil dan yang paling penting adalah gratis!


5. Defraggler

Dikembangkan oleh perusahaan yang sama dengan CCleaner, Defraggler ini berguna bagi kesehatan laptop anda. Dengan melakukan defragment pada file satuan ataupun file berkelompok pada sistem computer dan bahkan bisa sampai pada seluruh partisi disk (umumnya yang bernama “Local Disk (C:)” dan “Local Disk (D:)”).

 

Sumber: downloadcrew.com

Disarankan menggunakan software ini untuk melakukan complete defrag sekali setiap bulan untuk seluruh partisi disk demi kesehatan laptop anda. Software ini memiliki ukuran yang kecil dan gratis juga!

 

Dengan ditambahkannya software yang telah penulis sebutkan di atas, maka penggunaan laptop di keseharian akan jauh lebih nyaman dan mudah. Jangan lupa juga untuk rajin melakukan defragment dan menghapus junk files ya!



Penulis: Yosep P. B. (Pelaksana KPKNL Manado)



Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini