Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Kilas Peristiwa
MEMPERINGATI HUT KEMERDEKAAN KE-78 REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2023
Mulfiana Muhtar
Jum'at, 18 Agustus 2023   |   109 kali

Kamis tanggal 17 Agustus 2023 dilaksanakan upacara bendera di lapangan Gedung Keuangan Negara Makassar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Upacara bendera HUT RI ke-78 tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai Kementerian Keuangan di Kota Makassar terdiri dari Kanwil Ditjen Pajak Sultanbatara,  Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Kanwil DJKN Sulseltrabar, Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, KPP Madya Makassar, KPP Pratama Makassar Utara, KPP Pratama Makassar Barat, KPP Pratama Makassar Selatan, KPP Maros, Kantor Pengolahan Data dan Dokumen Perpajakan Makassar, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai  Tipe Madya Pabean B Makassar, KPPN Tipe A1 Makassar I, KPPN Tipe A1 Makassar II,  KPTIK BMN Makassar, BPPK Makassar, KPPU Makassar dan KPKNL Makassar.

Upacara tersebut sesuai dengan  Surat Edaran Sekretaris Jendera lNomor SE-5/SJ/2023 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Lingkungan Kementerian Keuangan. Upacara HUT Kemerdekaan ke-78 tahun 2023 mengambil tema  “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Seluruh peserta Upacara memakai dress code yang telah ditentukan yakni pejabat eselon II mengenakan pakaian sipil lengkap, pejabat eselon III dan IV serta pegawai lainnya mengenakan seragam Kemenkeu hari Senin dan jilbab merah bagi yang mengenakan hijab. Bagi pegawai DJBC mengenakan pakaian dinas upacara.

Upacara dimulai pukul 07.00 WITA yang dipimpin oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Sulawesi Selatan Supendi. Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih diikuti dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan, pembacaan teks Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan teks Proklamasi, serta ditutup dengan doa.

Selesai upacara diadakan pertandingan final turnamen sepak bola antara para pegawai Kanwil Perbendaharaan dan Kanwil Pajak dengan skor 2-0 untuk Kanwil Perbendaharaan. Setelah pertandingan final selesai, kegiatan selanjutnya penyerahan piala hasil lomba dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023. Pada lomba kali ini KPKNL Makassar memperoleh juara untuk kategori stand up comedy dari acara mempo-mempo yang diikuti oleh  Abdul Wahab.

Perayaan semarak hari kemerdekaan di lingkungan Kementerian Keuangan Sulawesi Selatan ditutup dengan kegiatan touring motor dari Makassar ke kota bunga Malino Kab. Gowa yang diikuti para pegawai Kemenkeu Sulawesi Selatan. Perjalanan dimulai dari halaman Gedung Keuangan Negara (GKN) Makassar mulai pukul 10.00 WITA dan sampai di kota Bunga Malino pukul 12.30 WITA. Sebelum sampai di kota Malino rombongan beristirahat sejenak untuk melepas lelah di bendungan Bili-Bili. Di Malino rombongan menikmati sejuknya suasana kota Malino bertempat di titik 0 kota Malino. Rombongan meninggalkan kota Malino menuju Makassar pada pukul 15.30 WITA. Perjalanan ini selain untuk refreshing juga untuk melihat kondisi jalan, infrastruktur dan penyerapan APBN oleh daerah.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini