Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Kilas Peristiwa
Kemenkeu Satu Sulawesi Selatan Mengadakan Bazar UMKM Dalam Rangka Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia
Fatimah
Rabu, 16 Agustus 2023   |   284 kali

Perwakilan Kementerian Keuangan Sulawesi Selatan mengadakan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada hari Selasa (15/8) di halaman Gedung Keuangan Negara (GKN) Makassar, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

Bazar UMKM merupakan salah satu program pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk memastikan ketahanan dan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas serta berkeadilan. Kegiatan ini diikuti oleh 17 tenant UMKM binaan Kementerian Keuangan di Kota Makassar serta 6 tenant UMKM Binaan BUMN diantaranya adalah Bank BRI, BNI, BSI, Mandiri, Pegadaian dan PNM yang mencerminkan sinergi bersama Unit Kementerian Keuangan dengan BLU, BUMN dan Pemerintah Daerah. Selain didukung oleh UMKM, kegiatan ini juga menghadirkan Komunitas Mata Garuda dan Kemenkeu Mengajar, Mobil Layanan SIM Keliling, BPJS dan TASPEN untuk memeriahkan kegiatan bazar kali ini.

Supendi Kepala Perwakilan Kementeian Keuangan Sulawesi Selatan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh tenant yang telah berpartisipasi dan meramaikan kegiatan ini, serta mengajak seluruh pegawai Kemenkeu dan masyarakat yang hadir untuk ikut mendorong pengembangan UMKM dengan berpartisipasi dan membeli produk-produk hasil UMKM pada Bazar ini.

Supendi juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya pembinaan berkelanjutan kepada pelaku UMKM yang telah dilaksanakan sejak tahun 2022 sebagai amanah dari Keputusan Menteri Keuangan nomor KMK-396/KMK.01/2022 tentang Program Sinergi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kementerian Keuangan dan juga disampaikan beberapa program pembinaan lainnya seperti layanan keuangan, fasilitas perpajakan, fasilitas kepabeanan dan cukai, pembinaan ekspor, pemasaran dalam negeri dan luar negeri, pelatihan, pendampingan serta perizinan dan sertifikasi.

Sandy Z pemilik BRC 88 Café sebagai salah satu pelaku UMKM binaan Kemenkeu mengucapkan terima kasih atas berbagai upaya pembinaan yang dilakukan Kementerian Keuangan sehingga memberikan dampak positif jangka pendek berupa penambahan omset harian dan brand awareness serta dalam jangka panjang untuk mewujudkan UMKM berkualitas dan naik kelas.

Selain kegiatan bazar UMKM pada hari yang sama juga diadakan pertandingan dan perlombaan guna memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia yang diikuti oleh seluruh pegawai Kementerian Keungan di Makassar. Kegiatan perlombaan hari ini terdiri dari lomba Akkarena (bermain) dan Mempo-Mempo (pertunjukan) yang diinisiasi oleh KPTIK BMN Makassar. Perlombaan Akkarena terdiri dari pertandingan bolla volli air, lomba estafet sarung, lomba egrang, lomba estafet tepung, lomba sumpit bola dan lomba tangkap balon. Sedangkan lomba Mempo-Mempo terdiri dari lomba menyanyi, stand up comedy dan fashion show.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini