Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Berita
Kolaborasi dan Sinergi Pengelolaan Kekayaan Negara di Kabupaten Kepulauan Selayar
Gusnadi
Senin, 06 November 2023   |   37 kali

KPKNL Makassar pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 2 November 2023 mengadakan kegiatan di Kabupaten Kepulauan Selayar antara lain adalah penggalian potensi lelang yang dilakukan di Kantor BRI Cabang Selayar, Audiensi terkait tugas dan fungsi KPKNL Makassar di Aula Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Monitoring sertifikasi Barang Milik Negara (BMN) di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Selayar, Tingkat Pengukuran Penggunaan BMN dengan Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK) di Pengadilan Negeri Kabupaten Kepulauan Selayar dan penagihan langsung piutang negara ke Penanggung Hutang yang berada di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah mengunjungi Bank BRI Cabang Selayar dalam rangka penggalian potensi lelang. Pimpinan canbang BRI Cabang Selayar Yoga Setiawan menyambut Kepala KPKNL Makassar Harmaji dan menyampaikan  terbantu dengan adanya lelang hak tanggungan karena mendorong debitur untuk dapat segera menyelesaikan kewajibannya dan berharap sampai dengan akhir tahun  ini akan ada lelang hak tanggungan dan berpotensi laku terjual. 

Kegiatan koordinasi selanjutnya dengan Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali bertempat di rumah jabatan bupati Kepulauan Selayar yang didampingi oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Muhtar dan Kepala Bagian Ekonomi Setda Rahman Made. Dalam kesempatan ini Harmaji menyampaikan tugas dan fungsi KPKNL Makassar dan sinergisitas pengelolaan kekayaan Negara dengan Pemda Kabupaten  Kepulauan Selayar utamanya dalam pelaksanaan penilaian dan lelang Barang Milik Daerah. H. Muh. Basli Ali menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan KPKNL Makassar serta berharap agar pengelolaan asset di Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi lebih baik lagi dan proses penyelesaian pengurusan piutang daerah maupun asset dan BMD yang dikuasai oleh pihak lain. Selanjutnya kegiatan audiensi yang berlangsung di aula kantor bupati yang dihadiri oleh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Kepulauan Selayar. Dalam audiensi ini Harmaji menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Selayar dan menyampaikan tugas dan fungsi KPKNL Makassar . Acara dipandu oleh Muhtar selaku kepala BPKPD.  Diskusi ini cukup menarik terbukti banyaknya pertanyaan  yang disampaikan oleh Para Kepala SKPD yang berhubungan dengan lelang, penilaian , pengelolaan barang milik daerah dan pengurusan piutang daerah. Kepala BPKPD berharap dengan adanya audiensi ini dapat meningkatkan pengelolaan aset daerah yang semakin baik dan penyelesaian pengurusan piutang daerah serta pengembalian aset yang dikuasai oleh pihak lain. Harapannya juga Pemkab Selayar dapat mempertahankan prestasinya meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecuaian) dari BPK selama 10 Tahun berturut-turut.

Agenda kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangka monitoring dan evaluasi pensertifikatan BMN berupa tanah. Acara ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Selayar Andi Abdi Islam. Dalam kegiatan ini dibuat Berita Acara Pemeriksaan Data Yuridis dan/atau fisik BMN berupa tanah dalam rangka pensertifikatan yang ditanda tangani oleh perwakilan Satker K/L, Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Selayar dan Abdul Wahab dari KPKNL Makassar. Satuan kerja yang menanda tangani berita acara ini antara lain Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar, Kantor Unit Penyelenggara pelabuahan Kelas III jampea, Madrasah Aliyah Negeri Bontoharu, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Sulsel, Kepolisian Resort Kepulauan Selayar.

Selanjutnya adalah penagihan langsung piutang Negara kepada Penanggung Hutang penyerahan dari Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka , Kementerian Perindustrian yang  dilakukan oleh Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Makassar Sustianingsih.

Survey dan monitoring Tingkat Pengukuran Penggunaan BMN dengan Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK) di Pengadilan Negeri Kabupaten Kepulauan Selayar oleh Tim KPKNL Makassar yang dipimpin Andi Mujahid Darwis ditemui oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kepulauan Selayar Nur Kautsar Hasan, S.H., M.H. dan didampingi Sekretaris Pengadilan Negeri Selayar Asmayanti Azis,S.H., M.H. bertempat di ruang medical center PN Selayar.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411) 456116
kpknlmakassar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini