Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Berita
Pelayanan Prima yang Berintegritas
Fatimah
Rabu, 10 Mei 2023   |   152 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Lelang (KPKNL) Makassar pada tanggal 10 Mei 2023 mengadakan kegiatan rutin Setiap Rabu Berbagi (Saraba). Namun pada Saraba kali ada yang istimewa karena diisi dengan materi pelayanan prima yang berintegritas yang dibawakan oleh narasumber dari Bank Syariah Indonesia (BSI) cabang Makassar yakni Marji (Area Consumer Financing Manager Area Makassar) pada PT Bank Syariah Indonesia (BSI). Saraba kali ini diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Makassar.

Pelayanan prima (service excellent) adalah Kepedulian kepada pelanggan untuk membahagiakan orang lain dengan menyelaraskan sikap, perhatian, tanggung jawab dengan penuh integritas untuk mewujudkan kepuasan pelanggan. Perlu diketahui bahwa apapun jenis pekerjaan kita sesungguhnya kerja itu adalah untuk melayani. Dan pelayanan prima ini adalah menjadi tanggung jawab kita semua di dalam organisasi.

Di dalam memberi pelayanan kepada pemangku kepentingan maka setiap hari yang harus dilakukan pegawai adalah:

1.       Budaya Menyapa

Seluruh Pegawai (Unsur Pimpinan, Supervisor, Frontliner, Security, OB) Wajib mengucapkan salam dan menyapa sesama pegawai maupun nasabah ketika berpapasan agar tercipta harmonisasi dan menunjukan keramahan

2.       Ciptakan Interaksi yang berkesan

Tahapan layanan agar dapat dilakukan dengan Smiling face (selalu tersenyum), ciptakan interaksi yang berkesan dan menyenangkan, penuh energi, percaya diri, luwes, natural, solutif dan santun.

3.        Pahami Esensi Layanan

Contoh script – percakapan dapat dijadikan guidance / panduan / contoh, setiap petugas tidak perlu menghafal dan dapat menggunakan bahasa lain / improvisasi kalimat sehingga tidak kaku dan tidak seperti robot – yang terpenting adalah memahami esensinya.

Di dalam melayani pemangku kepentingan tetap harus menjaga integritas dan kejujuran. Ada komponen penting dari pelayanan prima yakni penampilan, sikap dan skill atau kemampuan. Contoh penampilan yang baik yakni selalu menggunakan seragam sesuai dengan ketentuan, menggunakan name tag dengan benar, penggunaan aksesoris tidak berlebihan, dan bagi wanita yang memakai jilbab wajib menggunakan jilbab yang rapi dan professional. Sikap kita dalam melayani pemangku kepentingan terbagi menjadi 3 yakni:

1.       sikap ketika berbicara

Tataplah mata nasabah agar nasabah merasa dihargai, Memberikan perhatian, berikan respon yang positif untuk menanggapi lawan bicara saudara. Tersenyumlah ketika sedang berbicara

2.       Sikap Tangan

Gunakan cara menunjuk dengan telapak tangan terbuka dan jari-jari dirapatkan.

Menyerahkan sesuatu barang menggunakan dua tangan dan sikap yang sopan.

3.          Sikap Teguh Memegang Prinsip

Bersikap professional dan sesuamenjalankan pekerjaan ketentuan yang berlaku.

Skill (Kemampuan) terdiri dari Digital Intelectual, Solutif, Sigap dan cekatan serta Memahami ketentuan

Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam memberikan pelayanan prima adalah disaat kita bisa memberikan pelayanan yang melebihi ekspektasi pengguna layanan, namun dengan tetap memegang teguh nilai integritas.

Kegiatan Saraba kesempatan ini merupakan kerja kolaboratif dengan Bank Syariah Indonesia Cabang Makassar, sebagai bagian upaya KPKNL Makassar dalam meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh pengguna jasa. Apalagi disaat sekarang sedang giat membangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Komitmen layanan berintegritas, peduli kepada pengguna jasa dan pegawai yang kompeten dan profesional sesuai Motto KPKNL Makassar, EWAKO (Empati Wawasan Kompeten).

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411) 456116
kpknlmakassar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini