Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Berita
Pengamanan Aset Barang Milik Negara Berupa Tanah LPP TVRI Sulawesi Selatan
Luqman Yusuf
Selasa, 28 Februari 2023   |   70 kali

Pengamanan Aset Barang Milik Negara Berupa Tanah LPP TVRI Sulawesi Selatan

 Makassar – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) merupakan salah satu unit Eselon I pada Kementerian Keuangan yang mempunyai tugas dan fungsi untuk menjaga aset negara yang merupakan amanah bagi punggawa negara dimana aset negara tersebut diperoleh melalui pembelanjaan yang menggunakan uang rakyat. Seperti yang dikutip oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani “Uang rakyat Indonesia harus dikelola secara hati-hati dan akuntabel, baik itu dari sisi penerimaan negara, sisi pembiayaan utang, maupun dari sisi hasilnya dalam hal ini aset milik negara”. 

Salah satu bentuk penjagaan aset negara yang dilakukan oleh KPKNL Makassar selaku instansi vertikal DJKN di daerah adalah penjagaan aset berupa tanah yang dimiliki oleh satuan kerja Kementerian/Lembaga (K/L) dalam bentuk sertipikasi Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah. Tanggal 28 Pebruari 2023, Harmaji selaku Kepala KPKNL Makassar saat berkoordinasi di kantor LPP TVRI Sulawesi Selatan juga dihadiri berbagai pihak antara lain Sekretaris Daerah Propinsi Sulawesi Selatan, Sekretaris Kota Makassar, Kantor Pertanahan Kota  Makassar, Camat Mariso, Lurah Mario, Lurah Kunjungmae serta pihak LPP TVRI Susel menyampaikan Prinsip 3T: Tertib Adminstrasi, Tertib Fisik dan Tertib Hukum. Pengamanan secara administrasi yaitu sudah dilakukan Penetapan Status Penggunaan dan pencatatan BMN melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi BMN (SIMAK-BMN)/Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN); Pengamanan secara fisik dilaksanakan dengan membangun pagar dan/atau mendirikan plang pengaman; Pengamanan secara hukum dilakukan dengan pensertipikatan agar legal standing lebih kuat.

KPKNL Makassar selalu bersinergi dengan seluruh satuan kerja Kementerian/Lembaga (K/L), Pemerintah Daerah serta pihak lainnya yang berada diwilayah kerjanya dalam rangka menjaga dan mengamankan aset negara. (Penulis Tim Publikasi Seksi Hukum dan Informasi)

 

Mari Jaga Aset Negara

Harmaji – Selalu Menjaga Integritas

KPKNL Makassar – EWAKO

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411) 456116
kpknlmakassar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini