Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Berita
Proyek Kereta Api Makassar - Parepare : Perekonomian Tumbuh dan Meningkat
Luqman Yusuf
Senin, 20 Februari 2023   |   1094 kali

Proyek Kereta Api Makassar - Parepare : Perekonomian Tumbuh dan Meningkat

 Makassar – Kereta Api Makassar – Parepare merupakan proyek pembangunan jalur kereta api sepanjang 142 Km yang melalui Makassar – Maros – Pangkep – Barru – Parepare merupakan bagian dari jaringan kereta api Trans Sulawesi yang akan menghubungkan seluruh Pulau Sulawesi. Berdasarkan Perpres Nomor 58 Tahun 2017, pembangunan Jalur Kereta Api tersebut masuk dalam Proyek Strategis Nasional, serta melalui Peraturan Menko Bidang Perekonomian Nomor 12 Tahun 2015, masuk dalam Proyek Infrastruktur Prioritas. Proyek yang digarap dengan APBN dan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). KPBU adalah kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha dalam penyediaan infrastruktur dan/atau layanannya untuk kepentingan umum mengacu pada spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pemerintah, yang sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya badan usaha dengan memperhatikan pembagian risiko di antara para pihak.

Pembangunan kereta api di Sulawesi Selatan saat ini sudah terbangun kurang lebih 110 km, terbentang dari Kab. Maros sampai dengan perbatasan Kab. Barru. Sementara yang sudah beroperasi adalah angkutan penumpang dengan uji coba terbatas di lintas Garongkong sampai dengan Mangilu. Proyek Kereta Api Makassar - Parepare merupakan bagian dari jaringan kereta api Trans Sulawesi yang akan menghubungkan Makassar sampai dengan Manado.

Proyek Kereta Api Makassar – Parepare diharapkan membawa manfaat dan dampak ekonomi di sepanjang jalur pada wilayah Sulawesi Selatan yaitu sebagai alternatif transportasi akan mampu menghemat nilai waktu perjalanan, biaya operasi kendaraan terutama logistik serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG), Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan yang Layak. sehingga dapat melayani kebutuhan transportasi dan logistik masyarakat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan.

 

#UangKita #UangKitaBuatApa #OptimisTetapWaspada #Kesejahteraan Merata

 Harmaji – Selalu Menjaga Integritas

KPKNL Makassar – EWAKO

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411) 456116
kpknlmakassar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini