Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Artikel
EWAKO: “Empati, WAwasan, dan KOmitmen”. Moto Layanan Yang Lahir Dari Semangat Juang Masyarakat Sulawesi Selatan.
Fatimah
Jum'at, 17 Desember 2021   |   19279 kali

Pernakah anda mendengar seseorang yang berasal dari Sulawesi Selatan mengucapkan kata “Ewako”?. Atau pernakah anda menyaksikan pertandingan sepak bola dari tim sepak bola asal Makassar dan mendengar para supporternya meneriakan dengan penuh semangat kata ini?. Ya, “Ewako” adalah kata yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, yang juga menjadi identitas dan ciri dari tim sepak bola asal Makassar, PSM Makassar. Kata ini merupakan Magic Word yang sering digunakan oleh suporter dan pemain untuk membakar semangat seluruh anggota Tim di setiap pertandingan.

Lalu apa sebenarnya makna dari kata “Ewako” itu sendiri?. Dari asal katanya, Ewako berasal dari kata Rewako yang memiliki makna:

Rewa = berani, Ewa = melawan, Ko = Kamu.

Menurut Kamus Populer Inggris-Makassar, Indonesia-Makassar, kata rewako merupakan terjemahan dari kata berani dalam bahasa Indonesia, dan brave dalam bahasa Inggris. Secara harfiah Ewako dimaknai sebagai ajakan untuk berani berjuang atau dapat disepadankan dengan kata-kata seperti Ayo Lawan, Ayo Berjuang, Berani! Jika dipakai kata tambahan seperti Ewako PSM! maka itu artinya Berjuang PSM.

Kata Ewako tidak hanya digunakan untuk mendukung PSM atau tim sepakbola. Kata ini juga digunakan untuk memberikan semangat kepada seseorang atau sekelompok orang dalam bidang atau hal lain. Kata tersebut telah berfungsi sebagai pembakar semangat solidaritas masyarakat Sulawesi Selatan.

Begitu pula bagi KPKNL Makassar sebagai salah satu instansi vertikal Kementerian Keuangan di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang berlokasi di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Kata Ewako juga memiliki makna yang spesial bagi seluruh pegawai. Ewako dipilih langsung oleh Bapak Harmaji Kepala KPKNL Makassar bersama-sama dengan seluruh pegawai sebagai yel-yel yang menggambarkan semangat dan komitmen pegawai KPKNL dalam memberikan Pelayanan Prima kepada seluruh stakeholder. Dalam setiap rapat atau pertemuan yang dilakukan oleh para pegawai, akan selalu diakhiri dengan yel-yel ini. Kepala KPKNL Makassar akan mendahului dengan meneriakkan “KPKNL MAKASSAR!”, yang kemudian akan diikuti oleh teriakkan yang lantang dan serentak dari seluruh pegawai “EWAKO!”.

Selain digunakan sebagai yel-yel untuk semangat bekerja seluruh pegawai, “EWAKO” juga merupakan moto layanan KPKNL Makassar yang merupakan akronim dari “Empati, WAwasan dan KOmitmen”. Ketiga hal ini mencerminkan sikap dan tidakan yang dilakukan oleh setiap pegawai KPKNL Makassar dalam memberikan layanan kepada seluruh pengguna jasanya.

Hal pertama yang menjadi moto layanan KPKNL Makassar adalah “Empati”. Secara tata bahasa kata Empati berasal dari kata Empatheia yang memiliki arti ikut merasakan. Secara umum Empati diartikan sebagai kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah, dan mengambil perspektif orang lain. Bagi KPKNL Makassar, hal ini mengandung makna pegawai KPKNL Makassar mengedepankan sikap empati dalam memberikan layanannya dengan tetap berpegang pada Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu: Integritras, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan. Dengan sikap empati dan kepedulian terhadap apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, pegawai dapat membangun komunikasi yang baik dengan pengguna jasa sehingga dapat memberikan layanan yang terbaik dan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pengguna jasa.

Sejalan dengan sikap Empati dalam memberikan pelayanan, KPKNL Makassar juga memberikan moto layanan “WAwasan” untuk menunjukkan profesionalisme para pegawai dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wawasan memiliki arti hasil mewawas, tinjauan, pandangan, konsepsi cara pandang. Secara khusus bagi KPKNL Makassar, Motto ini mengandung dua makna yaitu:

1.     Pegawai KPKNL Makassar memiliki kompetensi, pengetahuan dan wawasan yang luas terkait tugas dan fungsi layanan yang dilaksanakannya.

2.     KPKNL Makassar tidak hanya bertujuan untuk menyelesaikan tugas layanannya, tetapi juga bertujuan memberikan pemahaman dan wawasan yang komprehensif kepada setiap pengguna jasa terkait layanan yang diberikan oleh KPKNL Makassar.

Nilai-nilai Etika dan sopan santun dalam memberikan layanan yang baik serta Wawasan dan kompetensi sebagai wujud profesionalisme KPKNL Makassar belumlah lengkap tanpa adanya Komitmen yang teguh dari seluruh pegawai untuk menjalankan tugas dan pelayanannya dengan penuh integritas. Oleh karena itu untuk memberikan layanan terbaiknya, KPKNL Makassar mengambil kata Komitmen yang dimaknai sebagai suatu janji dan kesungguhan untuk menyelesaikan setiap tugas pelayanannya dengan penuh Integritas dan Profesionalisme. Komitmen untuk memberikan layanan terbaik dan memenuhi seluruh Standard Operating Procedure (SOP) atas setiap layanan yang diberikan.

Lebih jauh lagi, KPKNL Makassar akan melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sebagai bentuk Komitmen pelayanan KPKNL Makassar yang bersih dan bebas korupsi. Untuk mendapatkan predikat ini, KPKNL Makassar berkomitmen untuk terus menyempurnakan kualitas layanan publik yang diberikan dengan tetap memegang teguh Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Hal ini juga menuntut komitmen yang teguh dari setiap insan KPKNL Makassar untuk bekerja dengan penuh semangat melayani masyarakat dan meraih visi dan misi organisasi. Ewako akan menjadi magic word yang akan memberikan semangat di setiap waktu kepada seluruh pegawai untuk memberikan yang terbaik demi oraganisasi KPKNL Makassar yang tercinta. EWAKO KPKNL MAKASSAR!, EWAKO DJKN!.


(Ditulis oleh ANTONIUS VICTOR, Pelaksana KPKNL Makassar)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini