Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Berita
Kedai Lelang UMKM: Sensasi Lelang Kopi di Kebun Kopi Tanah Gayo
Mateus Putra Dinata
Rabu, 31 Agustus 2022   |   148 kali

BENER MERIAH—Selasa (30/8/2022), Siapa yang tidak kenal Tanah Gayo, daerah yang kaya akan kopi ini selalu memiliki daya pikat tersendiri. Pada kesempatan ini KPKNL Lhokseumawe bersama jajaran Kanwil DJKN Aceh menggelar pelaksanaan Kedai Lelang UMKM "Lelang Kopi di Kebun Kopi” dan peresmian Kabupaten Bener Meriah sebagai Kabupaten Binaan DJKN di salah satu kebun kopi di Kabupaten Bener Meriah.

Kegiatan yang dilakukan secara hybrid tersebut dihadiri secara langsung oleh segenap jajaran Pemerintah Aceh, Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah, Direktur Lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), DPRK Bener Meriah, PT BSI Regional Office 1 Aceh, Pelaku UMKM Kabupaten Bener Meriah, serta seluruh peserta kegiatan yang terhubung secara daring.

Kegiatan Kedai Lelang yang mengangkat produk khas Kopi Gayo tersebut merupakan bagian dari Kompetisi dan Inovasi (Kedai) Lelang UMKM oleh Direktorat lelang DJKN. Selain itu, peresmian Kabupaten Bener Meriah sebagai Kabupaten Binaan DJKN juga merupakan bagian dari inovasi unggulan Kanwil DJKN Aceh, yaitu bersama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia memberikan Coaching Program for New Exporter (CPNE) bagi UMKM berorientasi ekspor di Kabupaten Bener Meriah.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJKN Aceh, Syukriah HG menyampaikan bahwa serangkaian kegiatan Kedai Lelang merupakan komitmen dari DJKN untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional, khususnya di Aceh.

Direktur Lelang DJKN, Joko Prihanto turut menjelaskan bahwa pemerintah terus berupaya memulihkan perekonomian Indonesia dari dampak pandemi, “Pemerintah terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan berbagai macam alat antara lain APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dan instrument fiskal lainnya. Kita optimis bahwa di dorong dengan membaiknya kondisi perekonomian khususnya terlihat dengan indikator konsumsi rumah tangga yang mulai meningkat, kemudian aktivitas koorporasi juga sudah mulai menggeliat, dan tentunya juga para pelaku UMKM yang sekarang sudah beraktivitas kembali seperti sedia kala.”

Joko menambahkan, “Untuk menunjang kegiatan para pelaku UMKM, Pemerintah melalui Kementerian Keuangan juga telah mengeluarkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dan ini mudah-mudahan segera dirasakan dampaknya oleh para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.”

Dalam kaitannya dengan UMKM, Kementerian Keuangan melalui DJKN dan Insan Lelang Indonesia mengadakan kegiatan untuk mengedukasi para pelaku UMKM. Kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM untuk memasarkan produk secara masif secara efektif dan efisien.

Kegiatan Kedai Lelang UMKM tersebut juga dimeriahkan dengan pemberian Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Bank Syariah Indonesia (BSI) kepada 5 (lima) calon Desa Devisa berupa bantuan Pembangunan Rumah Jemur (Dry House) Kopi. Dalam sambutannya, PJ Bupati Bener Meriah, Haili Yoga menyampaikan akan terus memantau terus perkembangan pemanfaatan dana CSR tersebut.

“Kepada petani kopi di 5 (lima) calon Desa Devisa yang mendapatkan bantuan ini harus bersyukur. Bagaimana cara bersyukur? Harus ada sebuah inovasi, karya, dan ada hasil. Mendapatkan program seperti ini tidak gampang. Bilamana nanti diberikan program, lakukanlah program itu dengan baik” kata Yoga.

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan T. Hamzah Bendahara, Desa Mon Geudong, Kota Lhokseumawe, 24351, Pengaduan : Whatsapp 082164814600
(0645) 631600
(0645) 631234
kpknllhokseumawe@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini