Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Berita
Project Management Office (PMO) DJKN 2022 dan Pembekalan Duta Transformasi
Feliza Tania
Rabu, 27 Juli 2022   |   464 kali

Lhokseumawe  - Di dalam pelaksanaaan Manajemen Perubahan pada Kementerian Keuangan, ditetapkan “Duta Transformasi” dalam hal mendukung berkembangnya Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan. Duta transformasi sendiri bertugas melakukan sosialisasi dan membantu terlaksananya proses perubahan dalam kaitannya dengan Implementasi Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan di lingkungan kerjanya masing-masing. Kali ini, pada tanggal 26 Juli 2022, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara menyelenggarakan Kick Off Meeting Project Management Office (PMO) DJKN 2022 dan Pembekalan Duta Transformasi guna menunjang tugas dan fungsi serta memberikan informasi terupdate bagi para Duta Transformasi di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

 

Keynote Speaker dari PMO Duta Transformasi ini tak lain dan tak bukan adalah Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban, serta dibawakan oleh 2 (dua) narasumber. Narasumber pertama yakni Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Dedi Syarif Usman, dan Narasumber kedua yaitu Plt. Direktur Transformasi dan Sistem Informasi, Joko Prihanto. Acara dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Dedi Syarif Usman. Dalam pembukaannya Dedi mengungkapkan sebagai penggerak utama perekonomian, Kementerian Keuangan meluncurkan Program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan. Dan DJKN sebagai unit eselon 1 di lingkungan Kementerian Keuangan mendukung penuh Program Transformasi Kelembagaan. Sehingga lahirlah Central Transformation Office (CTO) dan Project Management Office (PMO). Dalam kesempatan ini Dedi juga memberikan apresiasi terhadap capaian IS RBTK DJKN karena telah melampaui target pada triwulan I tahun 2022.

 

Pemaparan dilanjutkan oleh Plt. Direktur Transformasi dan Sistem Informasi, Joko Prihanto, yang membawakan materi Kick Off Tim PMO Tahun 2022 dan Pembekalan Duta Transformasi. Joko memaparkan bagaimana struktur organisasi dari PMO DJKN 2022, perjalanan RBTK Kementerian Keuangan yang telah dimulai dari 2002, kemudian Inisiatif Stratergis Kementerian Keuangan serta capaiannya di Tahun 2022 yang dipaparkan secara jelas. Joko mengungkapkan bahwa “Pelaksanaan tranformasi kelembagaan DJKN tidak akan memberikan hasil optimal tanpa ada dukungan dari semua pihak yang terkait. Baik di internal Kementerian Keuangan, ataupun lebih luas lagi yaitu di eksternal Kementerian dan Lembaga”.

 

Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban pun mengemukakan pandangannya. Rionald mengemukakan bahwa didalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 112/KM.01/2022, Duta Transformasi adalah sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian Keuangan dalam persamaan persepsi, percepatan internalisasi, dan menggali aspirasi dengan berbagai inisiatif strategis reformai birokrasi. Dengan adanya nilai kesempurnaan dalam nilai-nilai kementerian keuangan, menjadikan dasar dari inovasi dan solusi dalam rangka meningkatkan efektifitas, efisiensi, produktifitas, dan perbaikan mutu layanan. Komunikasi efektif sendiri dianggap sebagai elemen penting dalam manajemen perubahan, sehingga inilah yang menjadi tugas dari duta transformasi. Dalam kesempatan Rionald juga menyampaikan selamat kepada 4 duta transformasi di lingkungan DJKN yang telah ditetapkan oleh Menteri Keuangan sebagai duta transformasi terbaik di tahun 2021.

 

Acara selanjutnya adalah pengumuman duta transformasi terbaik di tahun 2021 yakni Direktorat Kekayaan Negara Dipisahkan, Direktorat Barang Milik Negara yang sekarang menjadi Direktorat Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara, Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara, serta Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara. Tidak lupa diadakan tanya jawab antara duta transformasi terbaik dengan ketua PMO DJKN, Joko Prihanto. Setiap duta transformasi terbaik mendapatkan pertanyaan tersendiri serta dijawab dengan baik oleh masing-masing duta transformasi.

 

Tidak hanya tanya jawab antara duta transformasi terbaik dengan ketua PMO DJKN, duta transformasi dari seluruh unit vertikal juga memiliki sesi tanya jawab dengan narasumber. Terdapat beberapa rangkuman pertanyaan terkait pendanaan PMO DJKN 2022, reward bagi duta transformasi terbaik, mekanisme penentuan program kerja PMO dan penilaiannya, korelasi program dutrans dan next future leader serta simbiosis mutualismenya, dan diklat yang dibutuhkan serta berkaitan dengan duta transformasi. Semua pertanyaan dijawab dengan detil dan jelas oleh kedua narasumber.

 

Perkembangan reformasi birokrasi tidaklah mudah, untuk itu perlu adanya dukungan dan kerjasama dari semua lini DJKN agar reformasi birokrasi dan transformasi kelembagaan dapat berjalan optimal, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan berkontribusi demi kemajuan bangsa Indonesia.

 

Narasi : Feliza.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini