Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Berita
Bangkitkan UMKM di Festival Meurah Silu Bersama Bank Indonesia
Wely Putri Melati
Rabu, 29 Juni 2022   |   298 kali

Takengon (25/06) - Presidensi G20 Indonesia 2022 salah satu fokusnya adalah optimalisasi teknologi digital untuk mendorong transformasi ekonomi, terutama financial inclusion dan pemberdayaan UMKM, maka dirasa sangat perlu untuk melakukan sinergi pemberdayaan UMKM ini. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara turut andil dalam mendukung bangkitnya UMKM dengan memberikan inovasi terbaru layanan lelang produk UMKM melalui situs lelang.go.id dan sejalan dengan hal tersebut sebagai representasi dari visi misi Bank Indonesia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe menyelenggarakan kegiatan "Festival Membangkitkan Ekonomi dan Kebudayaan Daerah Pesisir Laut dan Pegunungan 2022" dengan tema Karya Kreatif Aceh-Gayo atau "Festival Meurah Silu-KKAG Tahun 2022” sebagai salah satu bentuk kontribusi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe bersama seluruh stakeholders untuk bersama-sama menggali potensi ekonomi serta menjawab tantangan yang dihadapi dalam pengembangan ekonomi di Provinsi Aceh.

 

Festival Meurah Silu-KKAG Tahun 2022 mengusung tema end-to-end, yaitu melalui kolaborasi dengan pelaku usaha dari rantai hulu hingga hili. Pada tahun ini Festival Meurah Silu-KKAG diadakan di Takengon, Aceh Tengah dan Bank Indonesia juga menyelenggarakan edukasi kepada pelaku usaha dari berbagai sektor dan juga masyarakat secara mum mengenai sinergi hulu-hilir industri unggulan. Kegiatan juga dimeriahkan pameran berbagai macam produk unggulan dari seluruh wilayah Provinsi Aceh. Dalam kegiatan Meurah Silu ini KPKNL Lhokseumawe diberi kesempatan untuk memberikan edukasi dan sharing knowledge memperkenalkan Lelang UMKM yang dapat dijual melalui situs www.lelang.go.id. Dalam Kegiatan tersebut, Tim KPKNL Lhokseumawe diwakili oleh Angga Rahmazoni selaku Pejabat Lelang dan Wely Putri Melati Selaku Kepala Seksi Hukum dan Informasi. Pada Festival tersebut para pelaku UMKM diberikan informasi terkait apa itu lelang UMKM dan bagaimana cara mendaftarkan akun pada situs www.lelang.go.id. Dalam rangkaian kegiatan Talk Show oleh KPKNL Lhokseumawe pada festival Meurah Silu, pelaku UMKM bertanya terkait cara mendaftarkan atau cara memperoleh akun lelang, “Pak, Saya tertarik untuk memasarkan produk UMKM saya ini yang dibuat dari bahan pewarna alam karena ini sangat ramah lingkungan tanpa bahan kimia, kira-kira apa saja syarat yang perlu saya miliki??” tutur Dewi.

 

Menanggapi hal tersebut, Angga Rahmazoni selaku Pejabat lelang menjelaskan bahwa syarat untuk mendapatkan akun lelang sangatlah mudah, yaitu cukup dengan memiliki email, NPWP, KTP dan Nomor rekening diperbankan. “Sangat mudah bukan ibu, ayo segera miliki akun lelang dan download melalui playstore dari smartphone yang ibu miliki lalu masukkan data-data pribadi dan begitu kami approve ibu sudah bisa memperoleh akun lelang dan dapat memasarkan produk UMKM yang ibu miliki melalui situ Lelang.go.id,” imbuh Angga. Selanjutnya Tim KPKNL Lhokseumawe didampingi Bank Indonesia berkeliling pada setiap UMKM yang melakukan pameran dan memberikan edukasi kepada setiap UMKM dan menghimbau pelaku UMKM untuk dapat bersinergi dan memasarkan produknya melalui Kedai Lelang UMKM pada situs lelang Indonesia.

 

            Selanjutnya para pelaku UMKM ingin mengetahui bagaiman proses lelang tersebut, sehingga Tim dari KPKNL Lhokseumawe melakukan simulasi lelang dengan melakukan lelang beberapa produk UMKM dan laku terjual kepada pengunjung festival, sehingga para pelaku UMKM dapat memperoleh gambaran bagaimana proses lelang itu dilaksanakan. Di akhir sesi talk show, Tim KPKNL Lhokseumawe menghimbau agar para pelaku UMKM dapat ikut menjual produknya pada Kedai Lelang UMKM dimana pada Tahun 2022 DJKN kembali menyelenggarakan Kompetisi dan Inovasi (Kedai) Lelang UMKM dengan tema "Inovasi  Lelang Produk UMKM mendukung pemulihan dan penguatan  ekonomi masyarakat” yang merupakan inovasi terbaru Direktoral Jenderal Kekayaan Negara untuk membangkitkan UMKM. (foto/narasi : wely putri melati)  

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini