Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Berita
Penuntasan Sertipikasi BMN : Bener Meriah to Aceh Tengah
Feliza Tania
Rabu, 20 April 2022   |   133 kali

Selasa, 19 April 2022, Kanwil DJKN Aceh didampingi dengan KPKNL Lhokseumawe melakukan penuntasan sertipikasi BMN berupa tanah di wilayah kerja Bener Meriah dan Takengon, Aceh Tengah.  Satuan kerja yang mendapatkan kunjungan tersebut adalah MAN 1 Bener Meriah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah, dan IAIN Takengon. Kegiatan ini sendiri berkaitan dengan mendukung upaya target sertipikasi BMN tuntas di tahun 2022.

 

Kegiatan diawali dengan kunjungan pada MAN 1 Bener Meriah yang disambut hangat oleh Kepala MAN 1 Bener Meriah, Mahdi. Kemudian Kanwil DJKN Aceh dan KPKNL Lhokseumawe melakukan asistensi terhadap pemenuhan kelengkapan persyaratan pengajuan perubahan nama pemegang hak atas tanah milik Negara atau disebut dengan tanah Bersertipikat Belum Sesuai Ketentuan (BBSK). Setelah berkas dilengkapi oleh MAN 1 dan juga telah diverifikasi Kanwil DJKN Aceh dan KPKNL Lhokseumawe, berkas siap untuk diantarkan ke Kantor Pertanahan Kabupaten Bener Meriah.

 

Setelah itu, penuntasan sertipikasi berlanjut ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah. Dilakukan asistensi yang sama terhadap 4 (empat) berkas pengajuan sertipikat tanah dengan kategori BBSK. Tidak hanya itu, dilakukan pula koordinasi terhadap pengelolaan BMN lainnya terutama penghapusan BMN di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah. Kanwil DJKN Aceh dan KPKNL Lhokseumawe berharap agar Satker lebih aware terhdapa BMN dan memiliki rasa tanggung jawab, sehingga pelaksanaan pengelolaan BMN menjadi lebih mudah. Seperti contohnya, BMN yang seharusnya sudah tidak memiiki nilai ekonomis atau dalam kondisi rusak berat, namun status pencatatannya masih dalam kondisi baik, akan mempengaruhi pengadaan BMN mendatang di lingkungan Satker tersebut. Menjelang tengah hari, berkas telah lengkap dan dilakukan verifikasi oleh tim untuk dilanjutkan ke Kantor Pertanahan Kabupaten Bener Meriah.

                                                                                                                                                                   

Acara selanjutnya adalah penyerahan berkas MAN 1 dan Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah oleh Kanwil DJKN Aceh dan KPKNL Lhokseumawe ke Kantor Pertanahan Kabupaten Bener Meriah. Berkas-berkas yang telah diserahkan akan ditinjau kembali dan verifikasi oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Bener Meriah yang disertai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Penyerahan Berkas Permohonan Sertipikasi Tanah BMN. Kemudian kegiatan di Bener Meriah ditutup dengan penyerahan stiker anti korupsi pada MAN 1 Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah sebagai wujud dari dukungan Kanwil DJKN Aceh menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

 

Berjalan Ke Aceh Tengah, IAIN Takengon pun mendapatkan giliran.  Asistensi yang sama juga dilakukan oleh Kanwil DJKN Aceh dan KPKNL Lhokseumawe, yang kemudian berkas permohonan akan disampaikan secara mandiri ke Kantor Pertanahan Aceh Tengah oleh IAIN Takengon. Acara ini diakhiri juga dengan pemberian stiker anti korupsi.

 

Narasi/Foto : Feliza.
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini