Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Berita
Selayang Pandang Perpajakan di Forum Sanger Kemenkeu Satu
Wely Putri Melati
Selasa, 02 November 2021   |   255 kali

Lhokseumawe -Forum Sanger Kemenkeu Satu dilaksanakan pada Kamis 28 Oktober 2021 melalui aplikasi zoom meeting dan dihadiri oleh 119 peserta yang terdiri dari jajaran pegawai unit eselon I Kementerian Keuangan Provinsi Aceh. Acara yang pertama kali di inisiasi oleh Kanwil DJKN Aceh juga dihadiri oleh jajaran pegawai dari Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (RSK), Kanwil DJKN Sumatera Utara, Kanwil DJKN Banten, dan Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung (SJB) yang mana hal ini menunjukkan adanya sinergi yang tercipta dengan diselenggarakannya Forum Sanger Kemenkeu Satu antar unit eselon I Kementerian Keuangan terutama di Provinsi Aceh.

Pada Kesempatan pertama dalam welcoming remarks-nya, Syukriah H.G selaku Kepala Kanwil DJKN Aceh mengharapkan agar Forum Sanger Kemenkeu Satu dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai wadah para punggawa Kementerian Keuangan Aceh untuk tetap menjalin tali silaturahmi, bertukar pengetahuan dan menambah wawasan.

Narasumber materi kali ini adalah Irwan Martis, Kepala Bidang Pemeriksaan, Penagihan, Intelijen, dan Penyidikan Kanwil DJP Aceh yang bertema “Selayang Pandang Perpajakan”, secara umum materi yang disampaikan adalah definisi, unsur, hukum dan peranan pajak dalam Kemenkeu Satu. 

Setelah penyampaian materi oleh narasumber sesi selanjutnya adalah diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh dua orang Master Of Ceremony (MC) yaitu Wely Putri Melati (Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Lhokseumawe) dan Muhammad Gimor Rambe (Pelaksana Bidang Lelang Kanwil DJKN Aceh). Antusias peserta yang mengikuti kegiatan ini terlihat dari pertanyaan yang disampaikan oleh pegawai dari Kanwil DJKN Aceh dan KPP Pratama Subulussalam yang sangat ingin memahami bagaimana tugas dan fungsi perpajakan dilaksanakan. Dengan membangun “trust“ masyarakat tentang Pajak, maka akan diperoleh kepercayaan dan pemahaman bahwa Pajak kita yang diatur melalui Undang-undang, dipungut dengan fiskus yang benar akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Dengan adanya Forum Sanger Kemenkeu Satu diharapkan sinergi Kemenkeu Satu di seluruh jajaran unit eselon I se-Aceh mampu menyampaikan pesan penting akan peranan Pajak sebagaimana pesan yang disampaikan oleh Kepala Kanwil DJP Aceh yang diwakili oleh Gunawan Agung Waskito, Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Aceh melalui opening speech-nya. (narasi/foto : WPM/seksi informasi).

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini