Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe Gelar Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Revaluasi BMN 2018
Moehammad Ulil Amri
Kamis, 08 Februari 2018   |   229 kali

Lhokseumawe - KPKNL Lhokseumawe mengadakan bimbingan teknis (bimtek) dan sosialisasi pada Selasa (06/02) di aula MAN 1 Lhokseumawe. Kegiatan bimtek dan sosialisasi ditujukan untuk 279 satker yang berada di lingkungan Kementerian Agama dan dibagi menjadi dua bagian yakni gambaran umum pelaksanaan revaluasi dan teknis pelaksanaan revaluasi.

Kementerian Agama mempunyai jumlah NUP terbesar yakni 1.716 dari keseluruhan target NUP revaluasi BMN 2018 KPKNL Lhokseumawe sebanyak 3.138, sehingga menjadi salah satu Kementerian yang mendapat perhatian besar dari tim revaluasi BMN KPKNL Lhokseumawe. Perwakilan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. Asy’ari, menyampaikan revaluasi BMN adalah program nasional yang sangat penting bagi Kementerian Agama. “Jangan sampai karena operator SIMAK dan SIMAK BMN yang tidak begitu paham dengan tahapan revaluasi dan pengisian form revaluasi yang kurang tepat menyebabkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lepas dari Kementerian Agama,” ujarnya.

Materi pertama bimtek dan sosialisasi adalah mengenai gambaran umum pelaksanaan revaluasi mencakup tujuan revaluasi, objek revaluasi, tahapan revaluasi, serta kewenangan dan tanggung jawab yang disampaikan Andri Dian.

Andri menekankan pentingnya kerjasama satker dalam tahapan revaluasi yakni inventarisasi BMN, penyiapan data awal dan dokumen, serta tindak lanjut hasil inventarisasi dan penilaian. Pria yang lahir di Lumajang ini menegaskan penilaian bangunan dalam revaluasi menggunakan desktop valuation, sehingga ketepatan pengisian formulir data awal dari satker menjadi sangat diperlukan.

Materi kedua mengenai teknis pelaksanaan revaluasi disampaikan Wakhid Arif Widodo dan tim yang terbagi atas dua bagian yakni simulasi penggunaan aplikasi SIMAN dan verifikasi formulir revaluasi. Wakhid menjelaskan secara gamblang mulai dari pembuatan tiket penilaian kembali, update hasil inventarisasi, hingga proses pencetakan Berita Acara Rekonsiliasi Hasil IP (BAR IP).

Kegiatan Bimtek dan sosialisasi ini juga merupakan follow up dari penyerahan formulir pendataan objek revaluasi yang dilakukan sekaligus dengan proses Rekonsiliasi BMN Semester II KPKNL Lhokseumawe. Tim bimtek dan sosialisasi KPKNL Lhokseumawe melakukan verifikasi formulir pendataan bersama dengan satker. Hasil verifikasi tersebut utamanya menjadi acuan bagi tim penilai untuk melakukan penilaian bangunan. Secara keseluruhan rangkaian bimtek dan sosialisasi ini berjalan lancar dengan didukung antusiasme penuh dari Kementerian Agama sebagai peserta. (Narasi/Foto: Tim Seksi HI/Adam Wira S.)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini